PENGARUH PENERAPAN ANALISIS AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Survei pada Perusahaan Tekstil di Cimahi)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN ANALISIS AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Survei pada Perusahaan Tekstil di Cimahi)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN ANALISIS AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Survei pada Perusahaan Tekstil di Cimahi)
Author: Widyastuti, Gita
Abstract: Dengan ketatnya persaingan di sektor industri, perusahaan dituntut untuk dapat mengelola dan mengembangkan perusahaan dengan seoptimal mungkin. Suatu perusahaan tidak pernah bisa lepas dari permasalahan yang ada. Permasalahan tersebut memerlukan pemecahan yang tepat dari manajemen dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan manajemen harus tepat, terencana dan menggunakan analisis data, fakta, mempertimbangkan situasi dan kemampuan perusahaan. Permasalahan yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah mengenai keputusan manajemen menerima atau menolak pesanan khusus. Pada pesanan khusus harga permintaannya lebih rendah dari harga jual reguler. Penerimaan pesanan khusus ditentukan oleh beberapa tambahan laba yang diperoleh perusahaan dan pemanfaatan kapasitas produk yang menganggur. Tambahan laba akan diperoleh jika hasil penjualan pesanan khusus lebih besar dari biaya difernsial akibat diterimanya pesanan khusus tersebut. Objek penelitian dari skripsi ini merupakan pengaruh analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus yang dititikberatkan pada 5 perusahaan tekstil yang telah diteliti yaitu pada PT DWI MULYA TATATUNGGAL, PT SINAR MAKIN MULYA II, P.T SINAR MAKIN MULYA, P.T SANSAN SANDRATEX JAYA, dan P.T TRI SULA TEXTILE INDUSTRIES yang memproduksi kain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen menerima atau menolak pesanan khusus terhadap laba perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yaitu melalui kuesioner dan data sekunder yaitu berupa data melalui biaya yang terjadi pada bulan April 2004. Dari hasil analisis informasi akuntansi diferensial diketahui bahwa 5 perusahaan tekstil tersebut memutuskan menerima pesanan khusus karena diketahui pendapatan dari pesanan khusus lebih besar dari biaya pesanan khusus, sehingga perusahaan akan memperoleh laba yang lebih besar. Koefisien korelasi (rs) yang terjadi sebesar 0,974 menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang kuat pengaruhnya antara analisis informasi akuntansi diferensial dalam peningkatan laba perusahaan. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa koefesien determinasi sebesar 95,06% artinya 95,06% laba perusahaan dapat dipengaruhi analisis informasi akuntansi diferensial. Berdasarkan analisis tersebut 5 perusahaan tekstil tersebut telah tepat mengambil keputusan menerima pesanan khusus dengan menerapkan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, karena dengan metoda ini keputusan yang diambil akan lebih tepat dan akurat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5451
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 38.18Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.30Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.37Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.74Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.34Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.77Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 91.09Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 81.18Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 111.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 24.91Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.53Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record