PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMBERIKAN NILAI TAMBAH BAGI PENINGKATAN PELAYANAN JASA RAWAT INAP (Studi Kasus di Rumah Sakit Santo Yusup Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMBERIKAN NILAI TAMBAH BAGI PENINGKATAN PELAYANAN JASA RAWAT INAP (Studi Kasus di Rumah Sakit Santo Yusup Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MEMBERIKAN NILAI TAMBAH BAGI PENINGKATAN PELAYANAN JASA RAWAT INAP (Studi Kasus di Rumah Sakit Santo Yusup Bandung)
Author: Tarigan, Fransiscus Jaya Lesmana
Abstract: Kesehatan adalah hal terpenting yang dimiliki oleh manusia. Untuk menjaga kesehatannya, manusia membutuhkan suatu lembaga yang mampu menyediakan pelayanan jasa di bidang kesehatan tersebut. Lembaga yang dimaksud adalah rumah sakit. Dewasa ini, banyak bermunculan rumah sakit yang memiliki kualitas pelayanan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Rumah sakit beroperasi selama 24 jam, oleh karenanya agar setiap karyawan dapat bekerja secara maksimal, perlu adanya koordinasi yang dilakukan oleh pihak manajemen sehingga kapanpun masyarakat membutuhkan, karyawan rumah sakit akan selalu ada dan siap sedia. Alat manajemen yang digunakan untuk mengendalikan fungsi-fungsi penting dalam organisasi rumah sakit adalah audit internal. Audit internal tidak hanya membantu pihak manajemen untuk mencapai tujuannya yaitu memberikan mutu pelayanan kesehatan yang memuaskan bagi masyarakat, tapi juga memberi nilai tambah bagi organisasi rumah sakit itu sendiri. Dengan latar belakang demikian, penulis melakukan penelitian pada bagian rawat inap di sebuah rumah sakit di Bandung, yaitu RS Santo Yusup yang berlokasi di Jl. Cikutra No 7, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian audit internal serta berperan tidaknya audit internal dalam memberikan nilai tambah bagi peningkatan pelayanan jasa rawat inap. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam pengujian hipotesis dan menjawab masalah di atas, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk memperoleh data lapangan selain dari hasil kuesioner dan wawancara, penulis juga melakukan observasi atas catatancatatan dan dokumen yang dimiliki pihak rumah sakit. Dalam hal ini juga penulis menggunakan studi kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan audit internal tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai tambah bagi peningkatan pelayanan jasa rawat inap dengan t hitung (0,265304006) < t tabel (2,3060), dan peranan audit internal dalam memberikan nilai tambah bagi peningkatan pelayanan jasa rawat inap sebesar 2,457757286% sedangkan sisanya sebesar 97.542242714% dipengaruhi oleh faktor lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5450
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.637Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.27Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.07Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.48Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.98Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.67Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 5.715Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.44Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 95.05Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 77.46Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 140.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.66Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record