PENERAPAN ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI BAHAN BAKU PRODUK UNTUK MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN ( Studi Kasus pada PT.X Bandung )

Widyatama Repository

PENERAPAN ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI BAHAN BAKU PRODUK UNTUK MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN ( Studi Kasus pada PT.X Bandung )

Show full item record

Title: PENERAPAN ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI BAHAN BAKU PRODUK UNTUK MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN ( Studi Kasus pada PT.X Bandung )
Author: Mariana, Fiena Mega
Abstract: Penelitian ditekankan pada permasalahan analitis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen membuat sendiri atau membeli bahan baku produk pada pihak luar untuk meningkatkan laba perusahaan. Permasalahan ini dapat dilihat dari sejauh mana informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen menbuat sendiri atau membeli bahan baku produk pada pihak luar berperan dalam meningkatkan laba perusahaan pada PT. Kayamatex II. Dalam melakukan penelitian, tempat penelitian yang penulis teliti adalah PT. Kayamatex II yang berlokasi di jalan Rumah Sakit No. 135 Km.12 Gede Bage Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui memadainya penerapan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen untuk membuat sendiri atau membeli bahan baku produk, (2) bagaimana peranan penerapan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen membuat sendiri atau membeli bahan baku produk dalam upaya memaksimalkan laba. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan studi kasus yaitu analisis data, imformasiinformasi, dan bukti-bukti yang telah dikumpulkan dan kemudian dibandingkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan masalah-masalah yang diteliti. Pada akhirnya disimpulkan. Hipotesis dalam skipsi ini adalah penerapan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen untuk membuat sendiri atau membeli bahan baku produk yang memadai berperan dalam upaya meningkatkan laba perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan analisis sistem informasi akuntansi diferensial pada PT. Kayamatex memadai, penerapan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen membuat sendiri atau membeli bahan baku produk berperan dalam meningkatkan laba perusahaan. Hal ini didapat berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner, penulis mendapatkan hasil 79%. Hal ini juga didukung oleh peningkatan laba sebesar Rp. 222.350.400, angka ini didapat dari kenaikan laba sebelum diterapkannya analisis tersebut, yaitu tahun 2002 sebesar Rp. 1.158.359.400 dengan laba setelah diterapkannya analisis tersebut, yaitu pada tahun 2003 sebesar Rp. 1.380.709.800. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan penerapan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan manajemen membuat sendiri atau membeli bahan baku produk pada pihak luar berperan dalam meningkatkan laba perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5449
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.39Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.35Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.79Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.07Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.78Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.60Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 128.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 55.79Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 136.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.08Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.41Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record