ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH SEBELUM DAN SETELAH DITERBITKAN KEPUTUSAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 29 TAHUN 2002 DI KABUPATAN BANDUNG (Suatu Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH SEBELUM DAN SETELAH DITERBITKAN KEPUTUSAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 29 TAHUN 2002 DI KABUPATAN BANDUNG (Suatu Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH SEBELUM DAN SETELAH DITERBITKAN KEPUTUSAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 29 TAHUN 2002 DI KABUPATAN BANDUNG (Suatu Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Bandung)
Author: Apriliyanti, Femi
Abstract: Skripsi yang berjudul “Analisis Perbandingan Pendapatan Asli Daerah dan Anggaran Pendapadan dan Belanja Daerah Sebelum dan Setelah Diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 di Kabupaten Bandung” (Studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bandung) ini beranjak dari adanya fenomena yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Bandung sekarang ini. Adapun fenomena tersebut adalah masih lemahnya kemampuan Pendapatan Asli Daerah, sehingga akan berpengaruh secara langsung terhadap Pendapatan Asli Daerah yang merupakan salah satu sumber keuangan untuk membiayai pembangunan daerah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Pendapatan Asli Daerah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sebelum diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 dan untuk mengetahui perbedaan Pendapatan Asli Daerah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah setelah diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian deskriptif. Metode penelitian ini menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, mencari hubungan dari fenomena yang terjadi, kemudian membuat prediksi dan selanjutnya mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi Pendapatan Asli Daerah sebelum diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 cenderung mengalami kenaikan, tetapi kenaikan tersebut tidak terjadi secara merata dari tiap-tiap sumber PAD. Sedangkan kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sebelum diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 cenerung mengalami penurunan. Penurunan tersebut disebabkan nenurunnya sumbangan atau bantuan keuangan dari Pemeritah Pusat. Kondisi PAD setelah diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 juga cenderung mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan PAD sebelum diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002. sedangkan kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah setelah diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 cenderung mengalami kenaikan pada Pendapatan Daerah dan pada Belanja Daerah juga mengalami kenaikan. Dengan demikian diterbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 Kabupaten Bandung mampu mendorong meningkatnya Pendapatan Daerah Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran bahwa dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 diharapkan Pemerintah Kabupaten Bandung dapat lebih mengembangkan potensi daerah, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Daerah untuk memenuhi kebutuhan Belanja Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5448
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 29.37Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.81Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.08Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.80Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.23Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.43Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 84.54Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 52.56Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 180.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.44Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record