PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO PROFITABILITAS (ROI & NPM) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (studi survei pada kelompok industri rokok yang terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO PROFITABILITAS (ROI & NPM) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (studi survei pada kelompok industri rokok yang terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO PROFITABILITAS (ROI & NPM) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (studi survei pada kelompok industri rokok yang terdaftar di BEJ)
Author: Luthvi, Andi Juandi
Abstract: Dunia usaha memiliki peluang yang luas untuk memilih alternatif pembiayaan guna mengembangkan usahanya, pasar modal dipandang sebagai sarana yang efektif untuk menghimpun dana invstasi jangka panjang dari masyarakat untuk disalurkan ke sektor-sektor usaha. Umumnya para Investor masih cenderung sangat mengharapkan deviden, Di dalam melakukan investasi yang sehat, seorang Investor dan calon Investor sebelumnya harus mempertimbangkan kondisi dan kinerja keuangan perusahaan yang tercermin dalam informasi akuntansi yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Mengukur kinerja keuangan perusahaan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan rasio Profitabilitas Dengan bertambah tingginya kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Rasio Profitabilitas maka diharapkan semakin tinggi pula kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang pada akhirnya diharapkan akan sejalan dengan semakin besarnya deviden yang diberikan. Maka berkaitan dengan hal tersebut, penulis mengambil judul Pengaruh Kinerrja Keuangan Perusahaan Yang Diukur Dengan Rasio Profitabilitas (ROI & NPM) Terhadap Devidend Payout Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan dari kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Rasio Profitabilitas dengan indikator Return On Investment (ROI) & Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio. Data yang dikumpulkan terdiri dari data yang keuangan yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan-perusahaan industri rokok yang telah go publik, yang terdiri dari empat perusahaan rokok yaitu PT. BAT Indonesia Tbk, PT. Bentoel International Investama Tbk, PT. gudang Garam Tbk, dan PT. HM Sampoerna Tbk. Penelitian ini diambil dengan menggunakan dua variable bebas (X) dan satu variable tidak bebas (Y). Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Korelasi Sederhana Linear, sedangkan pengujian Hipotesisnya dilakukan dengan Uji distribution student (Uji-t) dengan tingkat signifikansi 5%. Dari perhitungan, bahwa ROI didapat r = -0,78 ini mengindikasikan adanya hubungan kuat dan negatif (berlawanan) diantara kedua variabel. Sedangkan NPM dengan DPR didapat r = -0,77 ini berarti adanya hubungan kuat dan negatif (berlawanan) diantara kedua Variabel. Adapun dari perhitungan Koefisien Determinasi dihitung untuk melihat kontribusi Return On Investment terhadap Dividend Payout Ratio yaitu sebesar 60,84% dan sisanya sebesar 39,16% ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan besarnya kontribusi Net Profit Margin terhadap Dividend Payout Ratio yaitu sebesar 59,29% dan sisanya sebesar 40,71% ditentukan oleh faktor lain. Berdasrkan analisis Uji Signifikan yang dihitung bahwa Ho diterima karena t hitung ROI = - 1,75 dan t hitung NPM = -1,70 lebih kecil dari t tabel = 4,3027 (t hitung < t tabel). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja keuangan yang diukur melalui Rasio Profitabilitas dengan Indikator ROI & NPM tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Dividend Payout Ratio.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5444
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.42Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.88Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.49Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.56Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.17Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.79Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.91Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.31Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 123.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 68.75Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 117.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.59Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.60Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record