PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT.Ultra Jaya Milk Industries & Trading Company)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT.Ultra Jaya Milk Industries & Trading Company)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT.Ultra Jaya Milk Industries & Trading Company)
Author: Mukti, Aloysius Harry
Abstract: Corporate Governance adalah suatu sistem yang mengatur bagaimana suatu korporasi (perusahaan) dioperasikan dan dikontrol. Sistem ini mengatur dengan jelas dan tegas apa saja yang menjadi hak dan kewajiban pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan korporasi bisnis, seperti dewan komisaris, dewan direksi, manajemen, para pemegang saham dan para stakeholders lainnya. Penerapan prinsip-prinsip good corporate governance yang baik akan menciptakan intensif internal yang efektif bagi manajemen perusahaan dan penggunaan sumber daya yang efisin, sehingga mendorong terbentuknya kepercayaan investor, dan masuknya arus modal yang mendorong pulihnya perekonomian baik secara makro maupun mikro. Dengan latar belakang demikian, penulis melakukan penelitian pada PT Ultra Jaya Milk Industrsies & Trading Company, yang berlokasi di Jalan raya Cimareme 131 Padalarang,Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi rank sperman yang menggunakan statistik non-parametrik. Dari hasil analisis ststistik dan pengujian hipotesis diketahui bahwa, penerapan Good Corporate Governance (GCG) tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, ditunjukan dengan tingkat signifiknasi sebesar 0.072 yang lebih besar dari α = 5%. Ini berarti bahwa penerapan Good Corporate Governance belum mampu meningkatkan kinerja perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5443
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 165.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 144.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 238.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 274.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 363.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 534.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 139.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 134.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record