PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus Pada PT. Indomarco Prismatama - Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus Pada PT. Indomarco Prismatama - Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus Pada PT. Indomarco Prismatama - Bandung)
Author: Purwanto, Yustinus Eko
Abstract: Dalam suatu perusahaan peran tenaga kerja manusia terdapat dalam keseluruhan aktivitas yang ada di perusahaan tersebut. Pelaksanaan aktivitasaktivitas ini membutuhkan suatu pendelegasian wewenang dan tanggung jawab yang memadai sesuai dengan ukuran perusahaan untuk menunjang kinerja yang optimal, sehingga dibutuhkan prosedur penggajian yang memadai pula. Dengan keterlibatan tenaga kerja manusia dalam segala aspek operasi perusahaan menyebabkan timbulnya biaya gaji yang tidak sedikit. Untuk itu diperlukan suatu mekanisme pengendalian yang cermat atas pelaksanaan prosedur penggajian dalam perusahaan. Dalam hal ini controller sangat diperlukan kontribusinya dalam membantu, mengelola, dan menerapkan pengendalian internal atas gaji, sehingga akan meningkatkan efektivitas perusahaan. Berdasarkan pemikiran ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT. Indomarco Prismatama yang berlokasi di jalan Jend. A. Yani No. 806 Bandung. Penulis memilih PT. Indomarco Prismatama sebagai objek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal atas gaji dan peranan controller dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji pada PT. Indomarco Prismatama. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data baik itu dengan observasi, wawancara, kuesioner, atau studi kepustakaan. ii Dari hasil penelitian tentang peranan controller dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji pada PT. Indomarco Prismatama yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian dan kuesioner menunjukkan hasil sebesar 70,57%, atau dapat dikatakan cukup berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji. Pada penelitian ini juga ditemukan beberapa kekurangan pada controller PT. Indomarco Prismatama yaitu kurangnya pengawasan yang ketat terhadap karyawan yang akan memasukkan kartu kerja ke mesin pencatat waktu kerja sehingga disarankan untuk lebih melakukan pengawasan terhadap pencatatan waktu kerja agar tidak terjadi penyalahgunaan kartu kerja.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5441
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 48.30Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.99Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 51.88Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.73Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.05Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.90Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 122.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 76.61Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 136.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.98Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.16Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record