PENGARUH PERUBAHAN MODAL KERJA TERHADAP PERUBAHAN LABA BERSIH PERUSAHAAN (Metode Survei pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH PERUBAHAN MODAL KERJA TERHADAP PERUBAHAN LABA BERSIH PERUSAHAAN (Metode Survei pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH PERUBAHAN MODAL KERJA TERHADAP PERUBAHAN LABA BERSIH PERUSAHAAN (Metode Survei pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk)
Author: Vionetta, Yunita
Abstract: Persaingan bisnis yang ketat mengharuskan perusahaan untuk lebih inovatif dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Dan untuk memenangkan pasar dan memuaskan kebutuhan konsumennya, perusahaan telekomunikasi harus terus menerus melakukan inovasi dan perbaikan-perbaikan terhadap produk-produk yang dihasilkannya. Hal ini yang menyebabkan perusahaan membutuhkan modal kerja dengan nominal yang tidak sedikit. Pengelolaan modal kerja yang baik diharapkan dapat menghasilkan laba yang maksimal. Berdasarkan pemikiran diatas, maka penulis mencoba melakukan penelitian yang hasilnya dituangkan dalam skripsi yang berjudul “PENGARUH PERUBAHAN MODAL KERJA TERHADAP PERUBAHAN LABA BERSIH PERUSAHAAN”. Dalam penelitian skripsi ini, ruang lingkup penelitian dibatasi hanya pada pembahasan masalah mengenai pengaruh perubahan modal kerja menurut konsep kuantitatif yang sering disebut dengan modal kerja kotor terhadap perubahan laba bersih perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat perubahan modal kerja perusahaan, berapa besar tingkat perubahan laba bersih, dan bagaimana pengaruh perubahan modal kerja terhadap laba bersih. Penelitian ini menggunakan metode metode asosiatif dengan pendekatan survei. Variabel yang digunakan adalah Perubahan Modal Kerja sebagai variabel bebas dan Perubahan Laba Bersih sebagai variabel terikat. Dan untuk mengolah data yang diperoleh digunakan metode statistik dengan teknik analisis korelasi, regresi dan determinasi. Hasil analisis penelitian ini diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,86, persamaan koefisien regresi adalah Y = -0,40 + 0,20X dan koefisien determinasi sebesar 73,96% yang menunjukkan perubahan modal kerja berpengaruh terhadap perubahan laba bersih perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Penulis menyarankan kepada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk agar senantiasa menjaga tingkat penggunaan modal kerja, dan untuk menghindari kerugian, perusahaan harus meningkatkan penjualannya agar laba bersih yang diperoleh dapat meningkat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5440
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.60Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 97.28Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 85.74Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 95.40Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 95.40Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 79.23Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 78.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 111.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 205.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 175.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 336.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 93.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 84.00Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record