MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT Sintas Kurama Perdana Cikampek)

Widyatama Repository

MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT Sintas Kurama Perdana Cikampek)

Show full item record

Title: MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT Sintas Kurama Perdana Cikampek)
Author: Handayani, Yani
Abstract: Anggaran adalah suatu rencana terperinci yang dinyatakan secara formal dalam ukuran kuantitatif untuk menunjukan bagaimana sumber-sumber akan diperoleh dan digunakan selama jangka waktu tertentu. Anggaran produksi merupakan sumber yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan penjualan sekarang, dan menjamin cukupnya tingkat persediaan penjualan yang akan datang. Berdasarkan pemikiran tersebut, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT Sintas Kurama Perdana Cikampek, yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul : “Manfaat Anggaran Biaya Produksi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi Pada PT Sintas Kurama Perdana Cikampek.” Masalah Yang ingin diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah : 1. Apakah penyusunan dan pelaksanaan anggaran biaya produksi yang dilakukan perusahaan telah memadai ? 2. Bagaimana pengendalian biaya produksi yang dilakukan telah efektif ? 3. Bagaimana manfaat anggaran biaya produksi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang berusaha mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, menyajikan serta menganalisisnya sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti dan kemudian menarik kesimpulan. Populasi yang dijadikan penelitian adalah karyawan tetap yang bekerja di PT Sintas Kurama Perdana Cikampek, sedangkan sample yang diambil karena keterbatasan waktu dan biaya maka diambil sebanyak 5 responden. Pengambilan sample ini menggunakan metode simple random sampling (penarikan secara acak). Setelah melakukan perhitungan terhadap anggaran biaya dan juga perhitungan terhadap realisasi anggaran, maka dapat dilihat bahwa jumlah anggaran lebih besar bila dibandingkan dengan realisasinya, kondisi ini disebabkan karena dalam penyusunan anggaran asumsi yang digunakan sudah baku. Pengendalian biaya produksi yang ditetapkan oleh Pt Sintas Kurama Perdana Cikampek telah efektif, hal ini didukung dengan dilaksanakannya syaratsyarat anggaran yang baik, yaitu Adanya organisasi yang sehat, Sistem akuntansi yang memadai, Adanya penelitian dan analisis, Adanya dukungan dari para pelaksana. Dari hasil penelitian dan pembahasan kemidian penulis melakukan analisis yang dilakukan pada PT Sintas Kurama Perdana Cikampek, penulis mengambil kesimpulan bahwa anggaran biaya produksi yang disusun dengan baik bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi, dimana anggaran bermanfaat sebagai : pengendalian biaya, perencanaan dan pengukuran prestasi pelaksanaan, penetapan harga, dan penilaian persediaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5439
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 24.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.26Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.44Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.23Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.11Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.58Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.82Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.79Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 93.67Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.30Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 81.99Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.52Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.79Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record