ANALISIS MANFAAT AUDIT INTERNAL DALAM MENDORONG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BAHAN BAKU PADA PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000 (Studi kasus pada PT Kraft Ultrajaya Indonesia)

Widyatama Repository

ANALISIS MANFAAT AUDIT INTERNAL DALAM MENDORONG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BAHAN BAKU PADA PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000 (Studi kasus pada PT Kraft Ultrajaya Indonesia)

Show full item record

Title: ANALISIS MANFAAT AUDIT INTERNAL DALAM MENDORONG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BAHAN BAKU PADA PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2000 (Studi kasus pada PT Kraft Ultrajaya Indonesia)
Author: Soeriaatmadja, Wandi Wiratman
Abstract: Persyaratan yang wajib dilakukan sebagai tugas akhir seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studinya pada jenjang Strata Satu (S1) di Universitas Widyatama adalah menyusun sebuah skripsi; dalam hal ini penulis mengambil judul : “Analisis Manfaat Audit Internal Dalam Mendorong Efektivitas Pengendalian Bahan Baku Pada Perusahaan Yang Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000”. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian langsung pada perusahaan PT Kraft Ultrajaya Indonesia yang beralamat di jl. Cimareme no. 131 Cimahi Padalarang. Penelitian dilakukan pada selama dua bulan yaitu pada bulan desember 2005 dan januari 2006. Objek yang diteliti adalah dokumen-dokumen yang mendukung pelaksanaan pengendalian bahan baku pada pengadaan, penyimpanan, dan proses produksi. Metode yang digunakan adalah melalui wawancara, kuesioner dan observasi langsung dilapangan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data yang mendukung dalam pelaksanaan audit baik kualitatif maupun kuantitatif, dan tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pengendalian bahan baku dilaksanakan berdasarkan Sitem Manajemen Mutu ISO 9001:2000, dan untuk mengetahui pelaksanaan audit internal terhadap pengendalian bahan baku pada PT Kraft Ultrajaya sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. Hasil dari pengolahan data yang diperoleh menunjukan bahwa audit internal yang dilaksanakan oleh PT Kraft Ultrajaya Indonesia dapat mendorong efektivitas pengendalian bahan baku. Pembahasan dibatasi hanya terhadap operasional perusahaan karena Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 tidak mengatur dalam pengendalian keuangan keseluruhan perusahaan khususnya yang berhubungan dengan pengendalian bahan baku. Audit yang dilaksankan oleh perusahaan telah diatur dalam jadwal yang telah ditetapkan. Auditor internal dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh orang yang berpengalaman dibidangnya. Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan bahwa perusahaan yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 terdapat point mengenai pelaksanaan audit internal untuk mengukur, menganalisan dan memberikan perbaikan yang berkelanjutan atas temuan audit. Sehingga pengendalian bahan baku dapat dipantau terus menerus dan dapat menjadi masukan pada tinjauan manajemen review. Dampak dari pembahasan diatas memperlihatkan bahwa audit internal sangat mendorong efektivitas pengendalian bahan baku. Perusahaan di Indonesia yang memproduksi makanan disarankan untuk menerapkan ISO 9001:2000 karena sangat efektif dalam melaksanakan pengendalian bahan baku untuk memenuhi keinginan konsumen. Walaupun untuk penerapan sistem ini biaya sertifikasi cukup tinggi tetapi pemerintah melalui Badan Litbang Perindustrian dan Perdagangan memberikan layanan dalam hal sertifikasi ISO 9001:2000 dengan biaya yang terjangkau.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5438
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 23.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.15Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.08Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.58Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.55Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.98Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 71.12Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 40.87Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 97.06Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.63Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.50Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record