PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA)
Author: Nugraha, Moch. Aulia
Abstract: Diantara kegiatan perusahaan yang ada, Aktivitas penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting karena penjualan merupakan sumber utama pendapatan perusahaan. Kurang dikelolanya aktivitas penjualan dengan baik dapat merugikan perusahaan, karena tujuan penjualan tidak tercapai dan pendapatan yang diterima akan berkurang. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis melakukan penelitian pada PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul “ PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN”. Dalam penulisan skripsi ini, penulis memilih PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA sebagai objek penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah mengenai peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Hal ini mengingat transaksi penjualan pada PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA terjadi dalam jumlah yang cukup besar sehingga diperlukan suatu pengendalian internal yang efektif. Tujuan penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui kememadaian sistem informasi akuntansi penjualan pada PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA dan mengetahui efektif tidaknya penerapan pengendalian internal penjualan pada perusahaan tersebut. Selain itu juga untuk mengetahui peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan perusahaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara, dan daftar pertanyaan mengenai objek penelitian yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi penjualan telah memadai, hal ini dilihat dari hasil perhitungan kuesioner sebesar 88%, dan adanya unsur-unsur sistem informasi akuntansi penjualan telah memadai. Pengendalian internal penjualan yang dilaksanakan telah efektif, hal ini dapat dilihat dari adanya jawaban kuesioner sebesar 89,74% dan dengan adanya unsur-unsur pengendalian internal penjualan serta tercapainya tujuan pengendalian internal penjualan. Berdasarkan hasil pembahasan mengenai sistem informasi akuntansi penjualan PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA SALES CENTER PASIRKOJA telah memadai dan pengendalian internal penjualan telah efektif dari adanya jawaban kuesionar sebesar 89,83%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan telah berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5437
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 72.15Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 63.36Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.39Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.04Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.49Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.19Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 31.71Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 63.12Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 182.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 147.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 251.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.12Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record