STUDI PENERAPAN ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI BAHAN BAKU PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT LANCAR SEJAHTERA BANDUNG)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI BAHAN BAKU PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT LANCAR SEJAHTERA BANDUNG)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI BAHAN BAKU PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT LANCAR SEJAHTERA BANDUNG)
Author: Irawati
Abstract: Di era globalisasi ini tidak sedikit perusahaan yang tidak dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, hal tersebut dikarenakan kurang tepatnya keputusan yang diambil oleh pihak manajemen sehingga mengakibatkan perusahaan tersebut gulung tikar. Tujuan utama dari perusahaan yaitu memperoleh laba yang optimal melalui penggunaan sumber-sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut pihak manajemen harus dapat mengambil keputusan yang tepat dari berbagai alternatif yang ada, sehingga diperlukan informasi-informasi yang memadai tentang segala sesuatu keputusan yang diambil. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT. Lancar Sejahtera dengan judul “ Studi Penerapan Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Membuat Sendiri atau Membeli Bahan Baku Perusahaan”. Berdasarkan hasil penelitian analisis biaya diferensial dalam membeli bahan baku yang memadai berperan dalam meningkatkan laba perusahaan, setelah dilakukan perbandingan antara membuat sendiri dengan membeli bahan baku dari luar perusahaan, laba yang dihasilkan pada saat membuat sendiri bahan baku selama satu tahun terlihat pada tabel 4.13 sebesar Rp. 2.029.436.000,00 sedangkan laba yang diperoleh ketika membeli bahan baku dari luar perusahaan selama satu tahun pada tabel 4.14 sebesar Rp. 2.276.498.000,00, selisih dari perbandingan laba di atas adalah sebesar Rp. 247.062.000,00. Hal tersebut menunjukan bahwa keputusan tersebut berhasil dalam meningkatkan laba perusahaan.Sehingga hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “ Penerapan analisis biaya diferensial telah bermanfaat dalam meningkatkan laba perusahaan”. Dapat diterima Perusahaan disarankan mulai menggunakan analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan yang sifatnya lebih signifikan seperti keputusan untuk terus melanjutkan atau menghentikan kegiatan produksi tertentu dalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan. Perusahaan juga dapat membuat keputusan investasi dan untuk meluaskan kegiatan operasional perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5436
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 95.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.39Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.16Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.08Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.45Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.56Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 104.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.75Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 120.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record