MANFAAT METODE PENGAKUAN PENDAPATAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sigma Steel Manufacturing di Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT METODE PENGAKUAN PENDAPATAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sigma Steel Manufacturing di Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT METODE PENGAKUAN PENDAPATAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sigma Steel Manufacturing di Bandung)
Author: Gunawan, Ronald
Abstract: Seperti perusahaan lain, Perusahaan Sigma Steel Manufacturing pun didirikan dengan tujuan memperoleh laba untuk kelangsungan operasinya. Untuk itu perusahaan akan berusaha memperoleh laba maksimal dengan pengeluaran tertentu atau laba tertentu dengan pengeluaran yang minimal. Dengan mengetahui laba yang diperoleh suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut dapat dinilai kemampuannya dalam mengelola sumber daya yang dimiliki. Sumber terbesar pendapatan perusahaan berasal dari penjualan produk. Untuk menentukan secara tepat besarnya pendapatan yang diperoleh dari penjualan, setiap perusahaan akan menemukan masalah pengakuan pendapatan yang merupakan dasar dalam menetapkan laba secara tepat. Laporan Laba Rugi biasa dipakai sebagai alat untuk mengukur hasil operasi perusahaan oleh berbagai pihak seperti pimpinan perusahaan, kreditur, pemegang saham, pemerintah dan badan-badan lain yang berkepentingan. Perhitungan Laba Rugi juga dapat digunakan sebagai sumber informasi dalam pengambilan suatu keputusan oleh pihak manajemen. Jadi melalui perhitungan laba rugi pihak manajemen dapat mengambil suatu keputusan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kemajuan perusahaan dan penilaian mengenai keadaan perusahaan yang dapat dilakukan. Laba merupakan selisih lebih antara pendapatan dengan beban, dalam laporan laba rugi ada arus pendapatan dan arus beban. Sehubungan dengan penulisan karya tulis ini, penulis akan lebih menekankan pada masalah pendapatan. Metode penelitian yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu metode dengan teknik pengamatan, wawancara dan pengujian hipotesis dengan menggunakan dua metode pengakuan pendapatan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi pada Universitas Widyatama di Bandung. Dan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan mempelajari penggunaan metode pengakuan pendapatan yang dilaksanakan perusahaan, untuk menilai penerapan metode pengakuan pendapatan yang diterapkan oleh perusahaan dan kesesuaiannya dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, diperoleh data bahwa Perusahaan Sigma Steel Manufacturing Bandung merupakan badan usaha milik swasta yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1983 dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) No. 85/10-25/PB/II/1994 yang kegiatan usahanya memproduksi barang dengan cara mengolah bahan baku jadi berupa antena TV dan kursi lipat. Dari hasil penelitian tersebut serta hasil pengujian hipotesis yang dilakukan melalui metode pengakuan pendapatan pada saat penjualan dan metode pengakuan pendapatan setelah penjualan, maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan metode pengakuan pendapatan berpengaruh terhadap besarnya laba perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5428
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.69Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.08Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.48Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.34Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 24.60Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.75Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.22Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 125.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.62Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 59.81Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.27Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.19Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record