EVALUASI PENERAPAN BIAYA STANDAR DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Patriot Kota Bekasi)

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN BIAYA STANDAR DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Patriot Kota Bekasi)

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN BIAYA STANDAR DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Patriot Kota Bekasi)
Author: Nugraha, Lusi
Abstract: Proses produksi yang dilaksanakan perusahaan menjadi faktor penting sebab proses produksi yang dilaksanakan dengan baik akan mempengaruhi terhadap biaya-biaya yang akan dialokasikan oleh perusahaan dalam proses produksi tersebut. Oleh karena itu diperlukannya perencanaan yang baik terhadap proses produksi yang akan dilaksanakan, termasuk didalamnya diperlukan suatu alat pengendalian yang berguna untuk menilai rencana yang telah ditetapkan dengan pelaksanaan produksi yang sesungguhnya terjadi. Salah satu alat untuk menunjang pengendalian terhadap biaya produksi adalah dengan menetapkan biaya standar. Penulis melakukan penelitian di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi, perusahaan yang bergerak di bidang industri yang memproduksi air baku menjadi air bersih yang dibutuhkan oleh setiap orang maupun perusahaan,. Adapun tujuan penelitian adalah bagaimana penerapan biaya standar yang digunakan perusahaan dalam pengendalian biaya produksi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melaksanakan penelitian tersebut adalah metode deskriptif analitis yaitu suatu metode yang berusaha mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian langsung dengan menggunakan wawancara dengan pihak perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dilihat bahwa perusahaan ini telah menetapkan biaya standar dengan memadai, baik terhadap biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. Berdasarkan biaya standar tersebut perusahaan dapat melakukan perbandingan atas biaya produksi yang sebenarnya dan dapat diketahui penyimpangan yang terjadi dalam biaya produksi sehingga manajer yang bersangkutan mengambil tindakan-tindakan koreksi untuk mendukung dalam melaksanakan pengendalian biaya produksi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5425
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.65Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.60Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.79Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.80Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.51Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.03Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.70Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.49Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 108.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 98.51Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record