PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ( Studi kasus pada PT."X" di Purbalingga )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ( Studi kasus pada PT."X" di Purbalingga )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ( Studi kasus pada PT."X" di Purbalingga )
Author: Juliana, Yosi
Abstract: Dalam suatu perusahaan, terutama perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang, persediaan merupakan salah satu aktiva yang sangat penting. Seiring dengan perkembangan perusahaan maka kegiatan pengelolaan persediaan harus dijalankan dengan baik agar dapat terhindar dari kegiatan penyimpangan dan pemborosan bahan baku. Dalam menjalankan pengelolaan persediaan bahan baku, manajemen memerlukan alat bantu dalam pengendaliannya. Untuk menghasilkan pengendalian intern yang baik diperlukan suatu bagian yaitu audit internal, yang menilai dan memeriksa pelaksanaan pengendalian intern yang dijalankan dalam perusahaan, auditor internal juga memberikan informasi dan saran-saran yang berguna bagi kepentingan manajemen. Perusahaan yang menjadi obyek penelitian adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu, yaitu PT. "X" yang berlokasi di Purbalingga Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan audit internal di perusahaan dalam menunjang efektivitas pengendalian intern persediaan bahan baku. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan melalui studi kasus, dan pengumpulan datanya dilakukan melalui penelitian lapangan yaitu observasi/wawancara dan pengisian kuesioner, serta penelitian kepustakaan yaitu studi literatur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, secara umum dapat dikatakan bahwa pengendalian intern persediaan bahan baku yang diterapkan perusahaan telah memadai, karena didukung oleh unsur-unsur pengendalian intern yang memadai. Unsur-unsur pengendalian intern yang dimaksud yaitu adanya lingkungan pengendalian yang cukup memadai, penaksiran risiko oleh manajemen, adanya informasi dan komunikasi, adanya aktivitas pengendalian yang memadai, dilakukannya pemantauan pelaksanaan. Dan adanya audit internal yang memenuhi syarat independen serta mendapat dukungan penuh dari manajemen. Laporan pemeriksaan yang dibuat setelah berakhirnya pemeriksaan diharapkan dapat membantu manajemen untuk memperbaiki kelemahankelemahan pengendalian intern persediaan bahan baku. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya audit internal yang memadai dapat menunjang efektivitas pengendalian intern persediaan bahan baku.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5422
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.998Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.07Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.62Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.64Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 35.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 80.38Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.28Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 75.26Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.30Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record