ANALISIS BREAK EVEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada CV Hyyat Karya Telemedia Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS BREAK EVEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada CV Hyyat Karya Telemedia Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS BREAK EVEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada CV Hyyat Karya Telemedia Bandung)
Author: Adipurna, Ditya
Abstract: Aktivitas penjualan sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup perusahaan. Berdasarkan aktivitas ini, perusahaan akan memperoleh pendapatan utama sebagai modal bagi kelangsungan hidupnya. Mengingat pentingnya aktivitas ini, maka diperlukan suatu analisis yang baik dan mampu meningkatkan efektivitas penjualan. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan dalam menilai efektivitas penjualan, salah satunya adalah analisis break even. Dengan menggunakan teknik analisis ini dapat diperoleh gambaran mengenai kondisi penjualan dari suatu perusahaan dalam periode tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penghitungan dan penggunaan teknik analisis break even untuk menilai efektivitas penjualan sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan bagian penjualan suatu perusahaan, dan pada akhirnya dapat dicari solusi untuk memperbaikinya. Penggunaan teknik analisis break even ini dilakukan dengan membandingkan hasil penghitungan break even dengan hasil penjualan yang terjadi (realisasi). Oleh sebab itu dalam penelitian ini penulis memilih judul “Analisis Break Even Untuk Menilai Efektivitas Penjualan.” Dalam penelitian ini, perusahaan yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah CV Hyyat Karya Telemedia yang berlokasi di jalan Sekeloa Selatan No 99C/152D Bandung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara keseluruhan penjualan tiap produk dari CV Hyyat Karya Telemedia pada bulan September tahun 2005 telah baik, dengan kata lain bahwa penjualan yang dilakukan telah berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya tiga kriteria dimana penjualan dapat dikatakan efektif, yaitu penjualan yang dilakukan perusahaan menghasilkan keuntungan atau laba, kegiatan operasional penjualan perusahaan berjalan lancar, dan tercapainya kepuasan pelanggan. Walaupun demikian, untuk waktu-waktu yang akan datang sebaiknya dalam melakukan penghitungan break even, perusahaan lebih memperhatikan sifat biaya yang timbul dari aktivitas perusahaan, dan dalam melakukan penilaian efektivitas penjualan sebaiknya perusahaan tidak hanya menggunakan satu cara saja, hal ini dilakukan agar hasil yang didapatkan dari penghitungan break even dan penilaian efektivitas penjualan dapat lebih memadai dan akurat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5414
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.67Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.07Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.41Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.88Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.31Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.90Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.04Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 87.67Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 40.66Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 79.06Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.71Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.26Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record