PERANAN SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENCIPTAKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus pada PT.Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk. Padalarang)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENCIPTAKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus pada PT.Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk. Padalarang)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENCIPTAKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus pada PT.Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk. Padalarang)
Author: Wulandari, Marselli
Abstract: Persediaan merupakan unsur aktiva yang disimpan dengan tujuan untuk dijual kembali dalam kegiatan normal perusahaan. Persediaan barang dagangan yang dimiliki oleh perusahaan industri sebelumnya mengalami proses produksi, yaitu berawal dari bahan baku, melalui proses produksi dan menjadi persediaan barang jadi/barang dagangan. Karena demikian pentingnya persediaan barang dagangan maka perusahaan memerlukan pengelolaan persediaan barang dagangan yang efektif, agar kebutuhan informasi yang terstruktur tercapai yaitu; cepat, tepat dan akurat maka diperlukan suatu sistem pengolahan data elektronik dalam mengolah data persediaan barang dagangan. Dalam melakukan penelitian, objek yang diteliti adalah Sistem Pengolahan Data Elektronik (SPDE) pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk., yang berlokasi di Padalarang. Bidang usaha adalah di bidang industri yang memproduksi aseptic dan produk keju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengendalian internal atas persediaan barang dagangan dan bagaimana peranan sistem pengolahan data elektronik dalam menciptakan efektivitas pengendalian internal pada perusahaan. Berdasarkan uraian di atas penulis mengajukan hipotesis bahwa : penerapan sistem pengolahan data elektronik yang memadai atas persediaan barang dagangan yang dijalankan perusahaan dapat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas persediaan barang dagangan. Untuk menguji hipotesis tersebut maka penulis melakukan penelitian mengenai pengelolaan persediaan barang dagangan yang menggunakan teknologi komputer. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dan untuk mengumpulkan data digunakan penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Dari hasil jawaban kuesioner yang dikumpulkan diperoleh hasil sebagai berikut; untuk variabel independen sebesar 87,72 %, variabel dependen sebesar 87,59%, dan variabel intervening sebesar 96,29%. Dari hipotesis yang penulis ajukan hasilnya dapat diterima karena dapat menjawab identifikasi masing-masing masalah. Dimana; Sistem Pengolahan data Elektronik (SPDE) yang diterapkan sangat memadai, Pengendalian Internal atas Persediaan barang Dagangan sangat Efektif, dan Sistem Pengolahan Data Elektronik dalam menciptakan Efektivitas Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan sangat berperan. Selanjutnya berdasarkan data-data yang diperoleh serta perhitungan yang dilakukan, penulis mengambil beberapa simpulan dan saran yang diharapkan dapat berguna bagi perusahaan guna mendukung lebih tercapainya efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan yang telah ada dengan penerapan Sistem Pengolahan Data Elektronik (SPDE) yang telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5408
Date: 2004


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 25.76Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.83Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.68Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.92Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.73Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 125.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 95.82Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 148.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record