ANALISIS ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN ( Studi kasus pada PT. “X”, di Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN ( Studi kasus pada PT. “X”, di Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN ( Studi kasus pada PT. “X”, di Bandung)
Author: Ciu, Guat
Abstract: Penjualan merupakan salah satu aktivitas penting yang saling berkaitan dengan aktivitas lain didalam perusahaan. Kegagalan pelaksanaan salah satu aktivitas akan mengakibatkan kegagalan dengan aktivitas lain. Dengan demikian upaya yang tepat dalam hal ini adalah menyusun perencanaan, koordinasi dan pengendalian yang memadai bagi perusahaan. Oleh karena itu, peran serta manajemen sangat penting dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas perusahaan agar dapat berjalan dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan oleh manajemen adalah dengan membuat anggaran penjualan. Anggaran merupakan alat perencanaan dan pengendalian dari seluruh aktivitas perusahaan. Dengan menggunakan anggaran maka perusahaan dapat menyusun perencanaan dengan lebih baik, sehingga koordinasi dan pengendalian yang dilakukan dapat memadai pula. Dengan demikian jelaslah bahwa anggaran dapat dijadikan pedoman sekaligus sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan. Penulis melakukan penelitian terhadap PT. “X” yang berlokasi di Jalan Panaitan, Bandung, yaitu suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang indutri pembuatan awning serta pemasangannya. PT. “X” ini memproduksi produknya dengan menjual produk-produk interior seperti Rolling door, folding gate, harmonika, dengan melakukan proses produksi mulai dari lembaran alumunium atau baja atau Stainless Steel yang merupakan bahan yang umum dipakai.Perusahaan ini pun menggunakan bahan baku kawat baja atau logam lain dalam proses produksinya. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui, mempelajari prosedur penyusunan dan pelaksanaan anggaran penjualan serta efektivitas pengendalian penjualan pada PT. “X”. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian dengan mengumpulkan, menyajikan, serta menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti dan membuat kesimpulan serta rekomendasi. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pada PT. “X” pada tahun 2001 mengalami peningkatan sebesar 3 unit atau Rp. 3.800.000 dari anggarannya atau terjadi penyimpangan positif sebesar 4.2%. Penyimpangan yang terjadi masih dalam batas toleransi yang ditetapkan (5%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis menyimpulkan bahwa anggaran penjualan pada PT. “X” cukup efektif. Dan anggaran penjualan dapat menjadi alat bantu bagi manajemen untuk menunjang efektivitas penjualan, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu : “Anggaran penjualan yang memadai dapat membantu manajemen dalam meningkatkan efektivitas pengendalian penjualan”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5407
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.978Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.87Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.54Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.67Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 36.32Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 76.57Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 61.19Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 65.85Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.29Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record