MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PRODUKSI ( Studi Kasus pada PT.Pindad Jl.Gatot Subroto Bandung )

Widyatama Repository

MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PRODUKSI ( Studi Kasus pada PT.Pindad Jl.Gatot Subroto Bandung )

Show full item record

Title: MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PRODUKSI ( Studi Kasus pada PT.Pindad Jl.Gatot Subroto Bandung )
Author: Mendoza, Budi
Abstract: Pada perusahaan industri fungsi produksi memegang peran yang sangat penting dan melibatkan banyak biaya yang terserap dalam proses produksi. Tingkat produksi yang efektif merupakan salah satu sasaran yang penting bagi perusahaan. Tingkat produksi yang efektif dapat dicapai dengan suatu perencanaan yang matang. Sistem informasi akuntansi biaya produksi yang dilaksanakan dengan memadai memberikan informasi-informasi yang relevan dalam rangka perencanaan produksi, sehingga efektivitas produksi dapat dicapai. Penelitian dilakukan pada PT. Pindad yang berlokasi di Jl.Gatot Subroto No.517 Bandung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2005. Objek penelitiannya adalah efektivitas produksi dengan penerapan sistem informasi akuntansi biaya produksi di perusahaan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi biaya produksi pada PT.Pindad. 2. Untuk mengetahui efektivitas produksi pada PT.Pindad. 3. Untuk mengetahui manfaat sistem informasi akuntansi biaya produksi dalam menunjang efektivitas produksi pada PT.Pindad. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data-data dilakukan penelitian lapangan yaitu melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Selain itu, juga dilakukan penelitian kepustakaan untuk lebih memperkuat hasil penelitian yang sudah ada di lapangan. Dalam pembuktian hipotesis tersebut digunakan metode persentase dari Dean J. Champion. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi biaya produksi sangat bermanfaat dalam menunjang efektivitas produksi. Hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 84,61%. Hipotesis penulis, yaitu “ Sistem informasi akuntansi biaya produksi yang dilaksanakan dengan memadai, dapat menunjang efektivitas produksi.” dapat diterima. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan, Penulis mencoba memberikan saran sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi PT Pindad, yaitu sebagai berikut : 1. Formulir-formulir yang digunakan sebaiknya menggunakan nomor yang tercetak, agar mempermudah pencatatan dan pencarian kembali serta menghindari salah penulisan nomor. 2. Perlunya flowchart dalam perusahaan agar prosedur-prosedur dapat digambarkan secara jelas dan mudah dimengerti oleh seluruh staf dan karyawan. 3. Sebaiknya perusahaan memiliki gudang barang jadi yang terpisah dari bagian packing guna mempermudah pengawasan. 4. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebaiknya perusahaan memiliki program pelatihan (Training) yang rutin derta dijalankan dengan konsisten.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5405
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.696Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.14Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.19Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.82Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.00Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 94.01Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 45.45Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 78.43Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.00Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.20Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record