PERANAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada Balai Besar Bahan dan Barang Teknik)

Widyatama Repository

PERANAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada Balai Besar Bahan dan Barang Teknik)

Show full item record

Title: PERANAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada Balai Besar Bahan dan Barang Teknik)
Author: Hendriyani, Nur
Abstract: Struktur pengendalian intern bertujuan untuk melindungi harta benda perusahaan, menyediakan data yang andal, mendorong efisiensi operasional, mendorong ketaatan kepada kebijakan yang ditetapkan. Dengan struktur pengendalian intern yang baik diharapkan dapat menjamin pembayaran atas gaji dan upah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para pegawai. Serta struktur pengendalian yang ada diharapkan dapat mengurangi atau menghindarkan kecurangan dan pemborosan yang sering terjadi. Struktur pengendalian intern atas gaji dan upah yang telah dirancang adakalanya tidak berjalan sebagaimana mestinya, untuk itu diperlukan suatu pemeriksaan yang merupakan penilaian yang bebas, yang terdapat dalam organisasi. Dalam penulisan skripsi ini penulis melakukan penelitian untuk memperoleh data primer dan data sekunder yang diperlukan. Metode yang dilakukan guna memperoleh data tersebut adalah dengan metode studi kasus dengan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh selama penelitian akan diolah. dianalisis dan diproses lebih lanjut dengan dasar-dasar teori yang dipelajari: Untuk memperoleh data-data, baik data primer maupun data sekunder, maka teknik pengumpulan data yang penulis melakukan observasi, wawancara, kuesioner, pengumpulan data lainnya berupa dokumen-dokumen dan catatancatatan akuntansi perusahaan yang diperlukan. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan pada Balai Besar Bahan dan Barang Teknik maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemeriksaan internal yang ditempuh oleh perusahaan telah berjalan dengan baik yaitu sebanyak 158 orang atau 63,2% menjawab sangat setuju, dan yang menjawab setuju sebanyak 60 orang atau 24,7%, akan tetapi masih ada responden yang menjawab tidak setuju sebanyak 2 orang atau 2,7%. Pelaksanaan struktur pengendalian internal gaji dan upah yang diterapkan oleh perusahaan diterapkan dengan baik, yang menjawab sangat setuju yaitu sebanyak 206 orang atau 68,7%, dan yang menjawab setuju sebanyak 63 orang atau 21%, Hasil perhitungan analisis koefisien Rank Spearman yang digunakan yaitu 0,98. Sedangkan harga kritis rs Koefisien Korelasi Rank Spearman untuk N = 10, a = 0,05 adalah sebesar 0,632. Dengan demikian hasil perhitungan, dimana rs hitung > rs Tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pemeriksaan intern dengan efektifitas struktur pengendalian intern atas gaji dan upah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5400
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.49Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.41Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.62Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.77Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.08Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 54.10Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 103.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.17Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 26.56Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.55Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.56Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record