PERANAN ANGGARAN KAS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum “PDAM ” Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN KAS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum “PDAM ” Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN KAS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum “PDAM ” Bandung)
Author: Permatasari, Intan
Abstract: Kas merupakan perkiraan yang paling penting dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan, karena kas terikat langsung dengan berbagai transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Untuk menjaga kelangsungan usaha perusahaan, maka diperlukan suatu manajemen yang dapat bekerja secara efektif dan efisien, agar terjaga keseimbangan posisi kas perusahaan. Dalam kegiatan perusahaan kas harus direncanakan dan dikendalikan dengan sebaik-baiknya. Salah satu alat yang digunakan oleh manajemen dalam melaksanakan pengendalian kas adalah anggaran kas. Anggaran kas merupakan alat perencanaan dan pengendalian untuk satu periode anggaran. Perencanaan kas di dalam perusahaan digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan pengalokasian kas. Pengendalian kas dapat dilakukan dengan cara membandingkan antara anggaran kas dengan realisasinya. Jika terdapat penyimpangan maka dilakukan analisis agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat segera dilakukan tindakan perbaikan. Untuk itu penulis mengambil judul skripsi Peranan Anggaran Kas Dalam Menunjang Pengendalian Kas. Hipotesis yang diuji oleh penulis adalah penyusunan anggaran kas yang memadai dapat berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian kas. Objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berlokasi di jalan Badak Singa No.10 Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan cara mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data yang diperoleh. Selain itu juga dilakukan penelitian langsung di lapangan dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Sementara penelitian kepustakaan dilakukan dengan pengumpulan data dari literatur dan referensi atau kepustakaan yang menunjang skripsi ini. Dari semua hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa anggaran kas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) telah berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian kas, dengan demikian hipotesis yang diuji oleh penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5397
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.57Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.85Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.93Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.20Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.05Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.47Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.28Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 105.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.80Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record