ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT INVESTASI (Studi kasus pada PT. Bank Jabar Cabang Utama Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT INVESTASI (Studi kasus pada PT. Bank Jabar Cabang Utama Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT INVESTASI (Studi kasus pada PT. Bank Jabar Cabang Utama Bandung)
Author: Darojat, Akhmad
Abstract: Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Jabar, bank pembangunan daerah yang saat ini merupakan milik pemerintah jawa barat yang mengalami perkembangan yang begitu pesat. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai Analisis Laporan Keuangan Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit Investasi. Karena telah diketahui bersama bahwa kredit merupakan salah satu sumber penghasilan bank sekaligus sumber resiko bisnis terbesar saat ini, berarti ada kemungkinan sebagian kredit yang diberikan tidak akan bisa tertagih (kredit macet). Sehubungan dengan kredit macet, bank perlu melakukan proses seleksi untuk menyaring setiap proposal kredit yang masuk. Melalui proses penyaringan setiap proposal yang masuk, maka diharapkan kredit yang diberikan adalah kredit yang berkualitas. Analisis yang diperlukan oleh pihak bank adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui apakah bank telah menerapkan analisis tersebut sesuai dengan prinsip 5C atau tidak, atau untuk mengetahui analisis laporan keuangannya berdasarkan rasio yang ada yaitu rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa PT. Bank Jabar telah melaksanakan semua prosedur perkreditan sesuai dengan yang diterapkan dalam rangka menunjang kebarhasilan proses analisis leporan keuangan. Hal ini juga terbukti dengan diperolehnya tanggapan dari beberapa responden yang mendukung proses penelitian dan hasilnya pun menunjukkan bahwa analisa laporan keuangan memegang peranan yang penting dalam pengambilan keputusan pemberian kredit. Namun ada hal yang mendasar yang perlu diperbaiki dalah peranan auditor eksternal sebagai pihak yang membantu bank dalam analisis laporan keuangan dapat dilibatkan. Ini dilakukan untuk meningkatkan keakuratan analisis dan meminimalisasikan kredit macet terutama untuk kredit dalam jumlah yang besar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5394
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.41Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.31Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.20Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.02Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.81Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.29Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.94Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.47Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.31Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 123.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.54Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.14Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record