ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MUTU KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA KAP DI BANDUNG (Studi Survey pada 17 di KAP Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MUTU KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA KAP DI BANDUNG (Studi Survey pada 17 di KAP Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MUTU KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA KAP DI BANDUNG (Studi Survey pada 17 di KAP Bandung)
Author: Dewitasari, Wieta
Abstract: Perkembangan perekonomian di Indonesia dan dimulainya perdagangan bebas tahun 2003 menyebabkan berubahnya lingkungan bisnis di Indonesia, terutama lingkungan bisnis yang dilayani oleh profesi akuntan publik. Jasa akuntan publik sangat dibutuhkan untuk menilai dan menetukan kewajaran laporan keuangan dalam sebuah perusahaan. Akuntan publik harus dapat memberikan jasa yang bermutu, mendapat kepercayaan dari masyarakat, dan dapat memenuhi komitmen profesional. Untuk dapat memberikan jasa yang bermutu, kantor akuntan publik harus dapat meningkatkan kualitas kinerja akuntan publiknya. Kualitas kinerja akuntan publik dapat ditingkatkan dengan melakukan pengendalian mutu pada kantor akuntan publik. Sistem pengendalian mutu meliputi struktur praktik organisasi dan kebijakan-kebijakan yang digunakan dan prosedur-prosedur yang ditetapkan oleh kantor akuntan publik untuk menyediakn praktik yang memberikan keyakinan yang memadai dan sesuai dengan standar profesional dan melaksanakan standar tersebut secara konsisten pada setiap penugasan audit. Sistem pengendalian mutu terdiri atas sembilan unsur, yaitu independensi, penugasan personel, konsultasi, supervisi, pemekerjakan, pengembangan profesional, promosi, penerimaan dan keberlanjutan klien, dan inspeksi. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada kantor akuntan publik di Bandung dan hasilnya dituangkan dalam skripsi yang berjudul “Analisis Efektivitas Penerapan Sistem Pengendalian Mutu Kantor Akuntan Publik”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian mutu kantor akuntan publik pada KAP di Bandung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Penelitian lapangan dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada kantor akuntan publik di Bandung. Pembagian kuisioner dimulai pada tanggal 10 juli 2006 dan dikumpulkan sampai tanggal 1 Agustus 2006. Dalam kuisioner tersebut ditanyakan 46 atribut pertanyaan. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian ditabulasi dengan memberikan skor tertentu pada tiap jawaban. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan mempelajari buku-buku referensi, jurnal-jurnal dan artikel-artikel yang berhubungan dengan masalah yang penulis teliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penerapan sistem pengendalian mutu pada kantor akuntan publik di Bandung memadai. Adapun saran yang perlu diperhatikan oleh kantor akuntan publik di Bandung mengenai sistem pengendalian mutu kantor akuntan publik yaitu: Bagi KAP secara umum hendaknya dapat mempertahankan penerapan sistem pengendalian mutu yang ada karena dalam penelitian ini terlihat bahwa tingkat penerapan sistem pengendalian mutu pada KAP di Bandung telah memadai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5393
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.65Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 34.97Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.77Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.06Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.27Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 94.84Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 49.87Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 82.11Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 24.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record