PENGARUH EFEKTIVITAS ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP LABA OPERASI PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada PT. Kereta Api ( Persero ), Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP LABA OPERASI PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada PT. Kereta Api ( Persero ), Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIVITAS ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP LABA OPERASI PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada PT. Kereta Api ( Persero ), Bandung )
Author: Girsang, Rasian Mantar
Abstract: PT. Kereta api (Persero) adalah salah satu badan usaha yang bergerak dibidang pelayanan jasa angkutan penumpang dan barang yang mempunyai karakteristik pengangkutan massal serta memiliki keunggulan tersendiri. Faktor yang sangat mempengaruhi perolehan laba adalah pendapatan dan biaya. Pendapatan bagi suatu perusahaan sangat penting karena merupakan urat nadi perusahaan demi kelangsungan dan perkembangan usaha selanjutnya. Dalam penelitian ini penulis hanya meneliti pendapatan yang mempengaruhi perolehan laba PT. Kereta Api (Persero). Dalam melakukan evaluasi, yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar pendapatan yang telah dianggarkan dapat terealisasi sesuai dengan anggaran, sehingga dapat menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan sekaligus dapat menghasilkan laba yang optimal. Oleh karena itu topik yang dipilih dalam penelitian ini adalah “Pengaruh Efektivitas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Terhadap Perolehan Laba Operasi Perusahaan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yang menghususkan pada metode studi kasus melalui pendekatan kuantitatif dengan alat bantu statistik parametrik yaitu analisis regresi, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi, dimana variabel yang diteliti adalah efektivitas pelaksanaan anggaran pendapatan dan perolahan laba operasi perusahaan. Berdasarkan dari hasil perhitungan analisis regresi didapat persamaan regresi Y= -62,573 + 1,693X, maka nilai koefisien regresinya sebesar 1,693 artinya menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kedua variabel. Dari perhitungan korelasi didapat nilai koefisien korelasi sebesar + 0,98 hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan searah antara kedua variabel yang diteliti artinya bahwa setiap peningkatan atau penurunan efektivitas pelaksanaan anggaran pendapatan akan diikuti oleh peningkatan atau penurunan perolehan laba operasi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5391
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.90Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.54Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.03Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.01Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 82.81Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 87.79Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.61Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record