PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENJUALAN (Studi kasus pada PT. “X” Cabang Cirebon)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENJUALAN (Studi kasus pada PT. “X” Cabang Cirebon)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENJUALAN (Studi kasus pada PT. “X” Cabang Cirebon)
Author: Untung, Muhammad
Abstract: Aktivitas penjualan merupakan aktivitas utama yang sangat penting, karena merupakan sumber utama pendapatan perusahaan. Maju mundurnya perusahaan sangat dipengaruhi oleh aktivitas penjualan, dimana aktivitas ini bersifat dinamis dan disertai dengan kondisi yang berubah-ubah, sehingga selalu terjadi masalah yang baru dan berbeda-beda. Hal ini menyebabkan pentingnya pengelolaan penjualan yang efektif, yang dapat dicapai dengan adanya sistem akuntansi penjualan yang memadai, sehingga dapat menyediakan informasi tentang penjualan yang berguna dalam pengelolaan penjualan. Sehubungan dengan permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT. “X” sebagai objek penelitian. Masalah-masalah yang timbul pada penyelenggaraan kegiatan penjualan pada PT. “X” dapat diidentifikasi sebagai berikut: apakah sistem akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan telah memadai, apakah pengelolaan akuntansi penjualan yang diterapkan dalam perusahan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan mengetahui sistem akuntansi penjualan yang telah dijalankan oleh perusahaan, mempelajari dan mengetahui efektivitas pengelolaan atas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan, serta mempelajari dan mengetahui peranan sistem akuntansi penjualan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan penjualan. Hipotesis yang diuji oleh penulis dalam skripsi ini adalah “Bila sistem akuntansi penjualan diterapkan dengan memadai, maka dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan penjualan”. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan penelitian lapangan dan penelitian kepustaan, sedangkan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Champion yang menunjukan apabila tercapai angka 76% - 100%, pengujian hipotesis dapat diterima. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis deskripsi menunjukkan bahwa peranan sistem akuntansi dalam pengelolaan penjualan yang diterapkan dalam perusahaan cukup memadai, dan perusahaan telah melakukan pengelolaan penjualan yang efektif dengan anggaran penjualan sebagai tolak ukur. Sedangkan dengan analisis statistik melalui kuesioner yang disebarkan diperoleh persentase peranan sistem akuntansi penjualan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan penjualan sebesar 91, 04%. Dari hasil pengujian hipotesis berdasarkan kedua analisis tersebut, maka hipotesis yang telah penulis kemukakan di atas diterima . Adapun saran yang dapat diberikan penulis pada kesempatan ini adalah agar perusahaan segera melakukan avaluasi dan perubahan-perubahan terhadap segala kelemahan-kelemahan sistem akuntansi penjualan yang ada pada perusahaan, hal tersebut sangat penting dilakukan dalam rangka meningkatkan efektivitas dari pengelolaan penjualan perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5389
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.998Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.32Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.79Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.71Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.53Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.01Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.38Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 35.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 68.94Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 49.04Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 157.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.99Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record