PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN PENJUALAN UNTUK MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus pada PT. POS INDONESIA (Persero) Kantor Kepala Wilayah Usaha Pos V Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN PENJUALAN UNTUK MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus pada PT. POS INDONESIA (Persero) Kantor Kepala Wilayah Usaha Pos V Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN PENJUALAN UNTUK MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus pada PT. POS INDONESIA (Persero) Kantor Kepala Wilayah Usaha Pos V Bandung)
Author: Rahmatullah, Ihsan
Abstract: Aktivitas penjualan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting karena akan mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Untuk melaksanakan penjualan yang baik perlu dilakukan suatu pengendalian terhadap aktivitas penjualan dengan memperhatikan segala aspek pengendalian. Untuk itu perusahaan memerlukan seorang controller yang tidak membatasi perannya hanya dalam fungsi pencatatan pada kegiatan akuntansi saja, lebih jauh lagi controller harus mampu membuat laporan-laporan, menganalisis, dan menginterpretasikan laporan yang diberikannya serta memberikan saran dan informasi lainnya kepada pimpinan perusahaan atau manajer lainnya. Penelitian dilakukan di PT. Pos Indonesia (persero) Kantor Kepala Wilayah Usaha Pos V Bandung yang berlokasi di Jl. Jalan Pahlawan No. 87 Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui fungsi controller dalam pengendalian penjualan di PT Pos Indonesia (Persero); (2) untuk mengetahui efektivitas penjualan PT Pos Indonesia (Persero); dan (3) untuk mengetahui peranan controller dalam pengendalian sehingga menunjang efektivitas penjualan di PT Pos Indonesia (Persero). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperlukan diperoleh melalui studi lapangan, observasi, wawancara dan pengajuan kuesioner. Disamping itu penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh landasan teoritis yang digunakan sebagai bahan acuan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa controller berperan dalam melakukan pengendalian penjualan secara memadai. Hal ini ditunjukkan dengan: (1) membantu manajer penjualan dalam membuat anggaran penjualan; (2) mengevaluasi aktivitas penjualan untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi; dan (3) melakukan tindakan koreksi atau perbaikan atas penyimpangan yang terjadi. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sebesar 89,13%, dengan demikian rumusan hipotesis “controller berperan dalam pengendalian penjualan untuk menunjang efektivitas penjualan” yang penulis ajukan dapat diterima. Adapun saran yang penulis usulkan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan antara lain sebagai berikut: PT Pos Indonesia (Persero) seharusnya meningkatkan perannya dengan melakukan analisis penjualan lebih mendalam yang dapat menunjang pelaksanaan pengendalian penjualan sehingga penyimpangan yang terjadi dapat diketahui penyebabnya.Controller juga dalam melakukan tindakan koreksi terhadap penyimpangan tidak hanya pada akhir tahun saja, tetapi pada setiap triwulan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5387
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.644Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.64Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.70Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.50Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.36Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 37.57Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 108.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 69.09Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 119.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.64Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record