MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum “PDAM” Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum “PDAM” Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum “PDAM” Bandung)
Author: Kuswara, Ellystia
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manfaat Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Keefektifan Pengendalian Biaya Produksi di PDAM Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional melalui pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif adalah metode yang sifatnya memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat dan hubungan antar fenomena yang diselidiki. Sedangkan metode korelasional bertujuan untuk meneliti sejauh mana hubungan antar dua atau lebih variabel. Dalam penelitian ini variabelvariabel yang digunakan adalah efektivitas sistem pengendalian manajemen, kefektifan pengendalian biaya produksi dan gabungan kedua variabel tersebut yaitu manfaaat pengendalian manajemen terhadap pengendalian biaya produksi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi pearson product momen. Di dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sebagai pengumpul data yang utama, dan di dukung oleh kepustakaan yang ada, observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik samping jenuh atau sensus yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dan sampel keseluruhan yang diteliti adalah 20 orang (bagian pembukuan dan SPI di PDAM Kota Bandung). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pada level 0,05 terdapat manfaat antara penerapan sistem pengendalian manajemen dengan keefektifan pengendalian biaya produksi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pengendalian manajemen cukup bermanfaat terhadap keefektifan pengendalian biaya produksi di PDAM Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5386
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.895Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.34Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.28Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.16Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.38Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.36Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.75Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.63Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 123.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 57.32Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 190.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record