PEMANFAATAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFISIENSI BIAYA PRODUKSI (Studi Survey pada Beberapa Perusahaan Sirup di Medan)

Widyatama Repository

PEMANFAATAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFISIENSI BIAYA PRODUKSI (Studi Survey pada Beberapa Perusahaan Sirup di Medan)

Show full item record

Title: PEMANFAATAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFISIENSI BIAYA PRODUKSI (Studi Survey pada Beberapa Perusahaan Sirup di Medan)
Author: Tindaon, Rismawaty Doemaria
Abstract: Salah satu kegiatan yang turut menentukan agar suatu perusahaan dapat mempertahankan kehidupan operasinya adalah proses produksi. Oleh karena itu proses produksi memerlukan perencanaan, pengendalian dan pengawasan yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan perusahaan seperti pemborosan fasilitas perusahaan, pemborosan dalam pemakaian bahan baku, dan hal-hal lainnya yang dapat mengancam keberadaan dan kelangsungan perusahaan tersebut. Agar biaya produksi dapat dikelola dengan baik maka diperlukan suatu pengendalian yang merupakan proses untuk meyakinkan telah dilakukan tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Adapun penelitian yang penulis lakukan adalah bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pemanfaatan anggaran biaya produksi sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efisiensi biaya produksi pada perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yaitu metode yang berusaha menganalisis dan menginterprestasikan data dan fakta yang diperoleh, sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti untuk kemudian menarik simpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan. Dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman, hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi positif yaitu hubungan antara pemanfaatan anggaran biaya produksi sebagai alat bantu manajemen dengan efisiensi biaya produksi. Besarnya presentasi koefisien determinasi menunjukan bahwa kontribusi pemanfaatan anggaran biaya produksi sebagai alat bantu manajemen yang sangat kuat terhadap efisiensi biaya produksi. Dari hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain perusahaan dalam menetapkan batas toleransi penyimpangan, analisis selisih biaya secara berkala, dan meneliti penyimpangan yang terjadi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5382
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.49Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.76Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.41Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.93Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.31Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.45Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.87Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 60.74Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 146.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.69Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.10Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record