MANFAAT SYSTEM SURVEY TERHADAP CALON DEBITUR DALAM MEMINIMALISASI PIUTANG TAK TERTAGIH (BAD DEBT) PADA PERUSAHAAN LEASING (Studi Kasus Pada Perusahaan Leasing)

Widyatama Repository

MANFAAT SYSTEM SURVEY TERHADAP CALON DEBITUR DALAM MEMINIMALISASI PIUTANG TAK TERTAGIH (BAD DEBT) PADA PERUSAHAAN LEASING (Studi Kasus Pada Perusahaan Leasing)

Show full item record

Title: MANFAAT SYSTEM SURVEY TERHADAP CALON DEBITUR DALAM MEMINIMALISASI PIUTANG TAK TERTAGIH (BAD DEBT) PADA PERUSAHAAN LEASING (Studi Kasus Pada Perusahaan Leasing)
Author: Ludygara, Gusfiandy
Abstract: Dalam suatu kegiatan usaha, baik itu perusahaan besar maupun kecil tujuan utamanya adalah memperoleh laba yang maksimal dalam rangka mempertahankan kelangsungan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut manajemen harus mengelola perusahaannya dengan baik dan harus didukung oleh penetapan perencanaan, kebijakan, prosedur, pendelegasian wewenang, metodemetode dan standar pelaksanaan yang dapat diterapkan untuk mengevaluasi hasil yang dicapai. Skripsi ini merupakan skripsi penelitian dengan mengambil judul “Manfaat System Survey Terhadap Calon Debitur Dalam Meminimalisasi Piutang tak Tertagih (Bad Debt) Pada Perusahaan Leasing”. Objek penelitian adalah Perusahaan Leasing terutama pada bagian Credit Marketing Officer (CMO) pada PT X. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut: mengetahui apakah system survey yang diterapkan sudah menunjang, mengetahui apakah system survey yang diterapkan sduah dilaksanakan dengan semestinya, dan mengetahui sejauh manakah manfaat system survey yang diterapkan perusahaan dapat meminimalisasi piutang tak tertagih (bad debt) secara maksimal. Data yang diperoleh dari kuesioner di analisis menggunakan metode presentase Champion untuk membuktikan hipotesis yaitu apakah system survey yang dilakukan terhadap calon debitur dapat bermanfaat dalam meminimalisasi piutang tak tertagih (bad debt). Hipotesa yang penulis tetapkan ada beberapa faktor dalam melaksanakan tata cara dalam melakukan survey, yaitu: data pokok minimal dan analisis pendahuluan, penelitian data, penelitian atas realisasi-realisasi usaha, penelitian atas rencana-rencana usaha, penelitian dan penilaian barang-barang jaminan tambahan, financial statement sebagai syarat, penelitian pendahuluan atas laporan-laporan keuangan, tetapi untuk analisis kebutuhan modal kerja dan analisis kebutuhan investasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat diketahui bahwa hipotesa atas beberapa faktor tersebut diterima dan bermanfaat bagi perusahaan dalam meminimalisasi piutang tak tertagih (bad debt), dengan hasil perhitungan keseluruhan yaitu: 87,65% dan hasil perbandingan antara target dan hasil tingkat piutang tak tertagih (bad debt).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5378
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.208Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.90Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 24.89Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.87Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 39.81Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 62.69Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 68.39Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record