EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Bandung Alliance International School)

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Bandung Alliance International School)

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Bandung Alliance International School)
Author: Franky
Abstract: Di dalam melaksanakan kegiatan pelayanan pendidikan kepada masyarakat (kegiatan operasional rutin) sangat penting untuk tetap selalu berusaha agar memperoleh keuntungan/laba yang optimal, karena keuntungan/laba tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan dan kesinambungan pelayanan pendidikan kepada masyarakat. Oleh karena hal tersebut di atas, maka diperlukan suatu perencanaan yang optimal dan adanya efektivitas pengendalian dalam bentuk anggaran biaya operasional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana penerapan anggaran biaya operasional sebagai alat pengendalian biaya operasional. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data sesuai dengan keadaan yang sebenarnya serta memberikan gambaran dan analisis mengenai masalah yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan penelitian lapangan yang meliputi wawancara, observasi, dan kuesioner. Selain itu pengumpulan data juga dilakukan dengan penelitian perpustakaan yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai pendapat para ahli (khususnya ekonomi) dan teori-teori yang berhubungan dengan penelitian dan pembahasan skripsi. Pengendalian biaya operasional dilakukan dengan cara penetapan anggaran biaya operasional sehingga anggaran tersebut berfungsi sebagai alat pengendalian biaya operasional demi tercapainya tujuan sekolah. Selain hal tersebut juga adanya perbandingan antara anggaran dan realisasi biaya operasional untuk mengetahui sejauh mana penyimpangan biaya operasional yang terjadi, dengan adanya batas toleransi yang telah ditetapkan kecuali dalam kondisi tertentu. Juga selain hal tersebut harus dilakukan tindakan evaluasi dan tindakan perbaikan terhadap terjadinya penyimpangan yang berada di luar aturan yang berlaku. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan anggaran biaya operasional sebagai alat pengendalian di Instansi tersebut telah berjalan dengan baik, sehingga hipotesisnya dapat diterima dengan baik dan mempunyai dampak/pengaruh yang besar dalam peningkatan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5369
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.16Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.40Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.19Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.71Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.67Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.83Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 119.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 69.89Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 180.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.72Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.79Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record