PENGARUH EARNING PER SHARE DAN TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM ( penelitian pada perusahaan yang tergolong LQ 45 di Bursa Efek Jakarta )

Widyatama Repository

PENGARUH EARNING PER SHARE DAN TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM ( penelitian pada perusahaan yang tergolong LQ 45 di Bursa Efek Jakarta )

Show full item record

Title: PENGARUH EARNING PER SHARE DAN TINGKAT SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM ( penelitian pada perusahaan yang tergolong LQ 45 di Bursa Efek Jakarta )
Author: Meizal, Dermawan
Abstract: Pada investasi di pasar modal, perlu adanya efisiensi informasi dan efisiensi perdagangan sebelum seseorang memutuskan untuk membeli saham Informasi dibutuhkan untuk menilai harga saham, salah satu informasi yang dapat diperoleh oleh investor adalah informasi mengenai laporan keuangan yang dikeluarkan emiten secara periodik yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan tersebut selama periode tertentu Selain itu, terdapat juga faktor lain yang tercermin dalam laporan keuangan, seperti opportunity cost (risk free rate) yang biasanya diukur dengan tingkat suku bunga deposito. Harga saham berhubungan dengan faktor laba dan tingkat suku bunga, perhitungan Earning per share. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul: “Pengaruh Earning Per Share dan Tingkat Suku Bunga Deposito Terhadap Perubahan Harga Saham pada perusahaan yang tergolong LQ 45 di Bursa Efek Jakarta”. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui keterkaitan Earning per share dan tingkat suku bunga deposito secara simultan terhadap perubahan harga saham, dan keterkaitan Earning per share dan tingkat suku bunga deposito secara parsial terhadap perubahan harga saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey, sedang data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data skunder yang diperoleh melalui laporan keuangan yang terdapat dipusat referensi pasar modal (PRPM) di Bursa Efek Jakarta serta data mengenai tingkat suku bunga deposito dari bank pemerintah, penelitian kepustakaan diperoleh dengan mempelajari literatur dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Hipotesis yang dikemukakan penulis adalah Earning Per Share dan Tingkat Suku Bunga Deposito memiliki pengaruh baik secara simultan maupun parsial Terhadap Perubahan Harga Saham. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pandekatan survey, sedang teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara penelitian kepustakaan, dan survey pada Pusat Referensi Pasar Modal ITB. Pengujian hipotesis yang digunakan penulis adalah dengan mengunakan bantuan software SPSS for Windows realease 10.00, dengan cara analisa terhadap uji t dan uji f, dan hasil dari penelitian Variabel earning per share dan tingkat suku bunga deposito secara simultan memiliki pengaruh terhadap perubahan harga saham. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji F, yakni F signifikan yang lebih kecil dari pada tingkat signifikan ( 0,000<0,05). Pengaruh variabel earning per share dan tingkat suku bunga deposito terhadap perubahan harga saham adalah sebesar 48% sedangkan sisanya adalah pengaruh variabel lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5365
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.13Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.25Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.99Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.97Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.23Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 72.55Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 73.35Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 43.13Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 61.01Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record