MANFAAT ANGGARAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KREDIT (Studi kasus pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Kantor Cabang Pembantu Soekarno Hatta Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT ANGGARAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KREDIT (Studi kasus pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Kantor Cabang Pembantu Soekarno Hatta Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT ANGGARAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KREDIT (Studi kasus pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Kantor Cabang Pembantu Soekarno Hatta Bandung)
Author: Wardhana, Inda
Abstract: Dewasa ini perbankan merupakan salah satu unsur pengembangan perekonomian juga sebagai lembaga yang berkewajiban turut serta memperlancar arus kegiatan di bidang ekonomi dan moneter. Bank dalam aktivitasnya tidak hanya menghimpun dana dari masyarakat, tetapi berfungsi sebagai sumber dana bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan dana untuk usahanya. Oleh karena itu dibutuhkan dana berupa pinjaman dari pihak perbankan yang sering kita sebut sebagai kredit. Bila kredit telah dikendalikan secara efektif, akan mendukung berperannya anggaran kredit sebagai alat bantu manajemen. Oleh karena itu bila suatu anggaran kredit telah disusun dengan baik dan kredit telah dikendalikan secara efektif atau mencapai tujuannya, maka anggaran kredit dapat berperan dalam mencapai efektivitas kredit. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Cabang Pembantu Soekarno Hatta yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul “Manfaat Anggaran Kredit Dalam Menunjang Efektivitas Kredit”. Adapun guna penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui prosedur penyusunan anggaran kredit pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Cabang Pembantu Soekarno Hatta. 2. Untuk mengetahui manfaat anggaran kredit dalam menunjang efektivitas kredit pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Cabang Pembantu Soekarno Hatta. Metodologi penelitian yang penulis gunakan yaitu deskriptif dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan dengan wawancara langsung dengan pihak bank dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Cabang Pembantu Soekarno Hatta dalam menerapkan anggaran kredit pensiunan (KUPEN) telah baik, dengan dipenuhinya prinsip penyusunan anggaran, syarat anggaran, manfaat anggaran. Dengan efektifnya kredit yang diukur dengan proses pemberian kredit dan tercapainya tujuan kredit, hal ini dapat dilihat dari periode triwulan IV antara anggaran dan realisasi dengan selisih Rp.503.000.000 atau sebesar 0,43%. Penulis menyimpulkan bahwa penyusunan anggaran kredit yang dilaksanakan secara baik bermanfaat dalam menunjang efektivitas kredit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5362
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.825Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.83Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.79Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.08Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.81Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.52Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 43.33Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 74.84Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.11Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record