PERANAN AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENGANTISIPASI PENYALAHGUNAAN UANG KAS (Studi Kasus Pada PT. Alam Teknindo Lestari Di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENGANTISIPASI PENYALAHGUNAAN UANG KAS (Studi Kasus Pada PT. Alam Teknindo Lestari Di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENGANTISIPASI PENYALAHGUNAAN UANG KAS (Studi Kasus Pada PT. Alam Teknindo Lestari Di Bandung)
Author: Bachtiar, Fauzi Ahmad
Abstract: Untuk dapat melakukan pengelolaan kas yang baik maka diperlukan alat bantu yang mampu mengurangi tindakan penyelewengan terhadap uang kas. Dalam hal ini adalah upaya mengantisipasi penyalahgunaan uang kas, sebab bila tidak terdapat upaya mengantisipasi penyalahgunaan uang kas yang baik maka akan menyebabkan pemborosan dan penyelewengan. Disini peran audit operasional sangat penting sebab perusahaan dapat melaksanakannya secara langsung pada semua aktivitas yang ada di perusahaan. Audit operasional merupakan penelaahan sistematis atas aktivitas atau keadaan pada suatu bagian organisasi untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas dari prosedur dan metode yang telah dijalankan yang dibandingkan dengan kebijakan perusahaan, mengidentifikasikan kemungkinan terjadinya peningkatan atau perbaikan dan memberikan rekomendasinya. Audit operasional tersebut dilakukan oleh orangorang yang bebas dari pengaruh dari bagian-bagian yang diperiksanya. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian di PT. Alam Teknindo Lestari selama 2 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari upaya mengantisipasi penyalahgunaan uang kas yang diterapkan pada PT. Alam Teknindo Lestari dan mempelajari pengaruh audit operasional perusahaan dalam rangka pelaksanaan upaya mengantisipasi kebocoran uang kas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, sedangkan pengumpulan datanya diperoleh dengan cara penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan dilaksanakan dengan mengadakan observasi langsung pada PT. Alam Teknindo Lestari, wawancara dengan pejabat yang bersangkutan dan memberikan daftar pertanyaan kemudian dihubungkan dengan penelitian kepustakaan dan mempelajari literatur, catatan kuliah serta berbagai penerbitan lainnya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Simpulan yang didapat didasarkan pada hasil penelitian bahwa upaya mengantisipasi penyalahgunaan uang kas pada PT. Alam Teknindo Lestari telah memadai serta audit operasional telah ikut berperan dalam menunjang pelaksanaan upaya mengantisipasi penyalahgunaan uang kas. Hal ini disebabkan audit operasional pada PT. Alam Teknindo Lestari telah menjalankan fungsinya sesuai dengan kriteria yang memadai dengan disertai dukungan manajemennya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5361
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.24Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.30Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.27Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.83Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 114.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 70.69Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 80.50Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record