PERANAN CONTROLLER DALAM PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU GUNA MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT. Sinar Tangerang Steel)

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU GUNA MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT. Sinar Tangerang Steel)

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU GUNA MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT. Sinar Tangerang Steel)
Author: Aryani, Desi
Abstract: Persediaan bahan baku merupakan salah satu aktiva penting bagi perusahaan industri karena berhubungan erat dengan proses produksi yang dilaksanakan. Pengelolaan persediaan bahan baku yang tidak tepat menyebabkan kerugian perusahaan. Adanya tingkat persediaan yang terlalu besar dapat menyebabkan meningkatnya biaya penanganan persediaan serta memperbesar resiko keuangan dan kemungkinan hilangnya persediaan. Sebaliknya, jika tingkat persediaan yang terlalu rendah dapat menyebabkan terganggunya kelancaran proses produksi dan hilangnya kesempatan perusahaan untuk menjual. Untuk itu diperlukan suatu pengelolaan persediaan yang baik sehingga persediaan yang ada adalah optimal. Berdasarkan hal diatas, penulis tertarik untuk mengetahui dan meneliti lebih dalam tentang perusahaan ditinjau dari bidang studi controllership, dengan judul skripsi: “Peranan Controller Dalam Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Guna Menunjang Kelancaran Proses Produksi.” Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peranan controller dalam pengelolaan persediaan bahan baku guna menunjang kelancaran proses produksi pada PT. Sinar Tangerang Steel yang bertempat di jalan Daan Mogot km. 18, Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah controller PT. Sinar Tangerang Steel memilliki karakteristik yang cukup memadai, untuk menilai efektifitas pengelolaan persediaan bahan baku dalam perusahaan, menilai peranan controller PT. Sinar Tangerang Steel dalam pengelolaan persediaan bahan baku serta kelancaran proses produksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptitf analitis dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner yang dilakukan diperusahaan dan juga dengan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian tersebut akan dianalisis dan diperbandingkan dengan teori yang relevan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan persediaan bahan baku PT.Sinar Tangerang Steel telah efektif,hal ini dilihat persentase jawaban kuesioner sebesar 63,23%, kelancaran proses produksi sudah memadai dengan nilai persentase sebesar 70% dan peranan controller dalam pengelolaan persediaan bahan baku pada perusahaan PT.Sinar tangerang steel cukup efektif dengan nilai persentase pada jawaban kuesioner sebesar 71,61%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5359
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.461Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.97Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.67Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.72Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 58.21Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 130.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record