FUNGSI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENDAPATAN (Studi Kasus pada PT. Merpati Nusantara Airlines Manado)

Widyatama Repository

FUNGSI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENDAPATAN (Studi Kasus pada PT. Merpati Nusantara Airlines Manado)

Show full item record

Title: FUNGSI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENDAPATAN (Studi Kasus pada PT. Merpati Nusantara Airlines Manado)
Author: Briana, Chani
Abstract: Seiring dengan kemajuan dan perkembangan yang dicapai oleh suatu perusahaan, maka pemilik atau pimpinan perusahaan tidak mungkin lagi untuk mengawasi perencanaan atau pengendalian dalam setiap aktivitas perusahaan secara langsung. Oleh karena itu perlu adanya suatu pertanggungjawaban dalam suatu organisasi. Pertanggungjawaban ini timbul karena adanya pendelegasian wewenang yang dimiliki oleh pimpinan perusahaan kepada anggota organisasi yang lain agar mereka dapat membantu pimpinan perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang diperlukan. Dengan adanya pendelegasian wewenang ini mengharuskan tiap anggota bertanggung jawab terhadap tindakan atau keputusan yang dibuatnya. Yang menjadi objek penelitian adalah mengenai fungsi akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas pengendalian pendapatan pada PT. Merpati Nusantara Airlines yang berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 111 Manado. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui kememadaian pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Merpati Nusantara Airlines Manado, untuk mengetahui efektivitas pengendalian penjualan yang dilakukan oleh PT. Merpati Nusantara Airlines Manado, dan untuk mengetahui sejauh mana akuntansi pertanggungjawaban berfungsi dalam menunjang efektivitas pengendalian pendapatan pada PT. Merpati Nusantara Airlines Manado. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penyusunan skripsi ini adalah : Bila Akuntansi Pertanggungjawaban Dilaksanakan Secara Memadai Maka Dapat Berfungsi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Pendapatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan diperoleh dengan mempelajari literatur dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian lapangan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh penulis terhadap PT. Merpati Nusantara Airlines Manado bahwa pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Merpati Nusantara Airlines Manado telah memadai, karena adanya karakteristik akuntansi pertanggungjawaban dan syarat-syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban. Selain itu, pengendalian pendapatan telah efektif, karena adanya proses pengendalian pendapatan dan tercapainya tujuan pengendalian pendapatan. Selain itu juga, akuntansi pertanggungjawaban telah berfungsi dalam menunjang efektivitas pengendalian pendapatan, karena telah didukung oleh fungsi akuntansi pertanggungjawaban dan kontribusi akuntansi pertanggungjawaban sehingga efektivitas pengendalian pendapatan dapat tercapai, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5358
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 57.03Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 68.67Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 45.75Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 50.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 43.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 42.15Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 85.25Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 176.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 143.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 68.97Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record