PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN (Studi survei pada perusahaan tekstil di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN (Studi survei pada perusahaan tekstil di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN (Studi survei pada perusahaan tekstil di Bandung)
Author: Sutamaya, Berta Krisma
Abstract: Dalam era globalisasi sekarang ini perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Suatu perusahaan harus dapat mengendalikan biaya yang dikeluarkan untuk dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, sebab pengeluaran biaya kualitas yang berlebihan akan menyebabkan harga pokok produk menjadi tinggi. Oleh sebab itu, perlu pengendalian biaya kualitas yang efektif tanpa mengabaikan kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian yang berjudul PENGARUH PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana besarnya pengaruh pengendalian biaya kualitas terhadap peningkatan laba perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui kememadaian pengendalian biaya kualitas di perusahaan. 2. Untuk mengetahui pengaruh pengendalian biaya kualitas peningkatan laba perusahaan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode asosiatif dengan pendekatan studi survei, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan kuesioner. Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan, untuk membuktikan hipotesisnya digunakan korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa beberapa perusahaan tekstil di daerah Ujungberung dan Rancaekek Bandung telah efektif dalam mengendalikan biaya kualitas, sehingga pengendalian biaya kualitas yang efektif sangat berperan dalam tercapainya laba perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 70,47%. Jadi hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu “pengendalian biaya kualitas yang memadai berpengaruh terhadap peningkatan laba perusahaan” dapat diterima. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan harus: 1. Membuat anggaran biaya kualitas sebagai tolak ukur. 2. Melakukan pencatatan prestasi pelaksanaan yang sesungguhnya. 3. Melakukan pembandingan dan evaluasi antara anggaran biaya kualitas dengan realisasinya. 4. Menganalisis selisih dan faktor-faktor yang menyebabkan selisih. 5. Melakukan efektifitas biaya kualitas disertai dengan peningkatan kualitas produk
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5356
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.10Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.89Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.62Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.53Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.62Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.09Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 100.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 61.03Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 133.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.95Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record