PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT X di Bandung)

Widyatama Repository

PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT X di Bandung)

Show full item record

Title: PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT X di Bandung)
Author: Triana
Abstract: Perkembangan dunia usaha yang semakin mengglobal, membuat persaingan antara perusahaan-perusahaan yang sejenis menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Sehingga menuntut perusahaan untuk memikirkan cara agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki perusahaan secara optimal dan membantu perusahaan menjadi perusahaan yang terdepan. Selama ini banyak perusahaan dalam menilai kinerjanya seringkali terpaku pada hasil kinerja yang diukur dengan ukuran keuangan, tanpa dapat melihat faktor-faktor apa yang menimbulkan keberhasilan secara finansial tersebut. Pengukuran kinerja yang hanya terfokus pada ukuran finansial tidak mencerminkan kondisi strategi perusahaan secara menyeluruh, dimana aspek diluar finansial tidak diperhitungkan. Salah satu pengukuran kinerja adalah metode Balanced Scorecard, metode ini mengukur kinerja perusahaan tidak hanya menggunakan aspek-aspek keuangan saja tetapi juga menggunakan aspek-aspek nonfinansial. Metode Balanced Scorecard menekankan pentingnya keseimbangan antara dua aspek tersebut. Metode pengukuran Balanced Scorecard meliputi aspek keuangan, hubungan dengan pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pengembangan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja pada perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT X yang berada di Bandung dan telah menerapkan Balanced Scorecard dalam pengukuran kinerjanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah : wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian tersebut akan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang relevan. Kesimpulan yang diperoleh berdasakan hasil penelitian, bahwa kinerja PT X meningkat dari tahun 2001 yaitu 3,025 menjadi 3,63 pada tahun 2002. Sedangkan berdasarkan kuesioner yang disebarkan menunjukkan hasil sebesar 85,7%, ini berarti bahwa penerapan metode Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja pada PT X dapat dikatakan telah efektif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5352
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.826Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.66Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.99Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.63Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.83Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.06Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.51Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 54.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 197.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 55.82Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 165.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.35Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record