ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENDAPATAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Apotik Guna Dharma Farma)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENDAPATAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Apotik Guna Dharma Farma)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENDAPATAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Apotik Guna Dharma Farma)
Author: Setiadharma, Ricky
Abstract: Di dalam mengendalikan seluruh kegiatan perusahaan, manajemen perusahaan membutuhkan suatu pengendalian internal yang dapat mengamankan harta perusahaan, yang dapat memberikan keyakinan bahwa laporan yang dibuat sebagai bentuk pertanggung jawaban adalah benar dan dapat dipercaya, serta dapat mendorong adanya efisiensi usaha sehingga dapat terus menerus memantau bahwa kebijakan yang telah ditetapkan memang dijalankan sesuai dengan rencana. Setiap perusahaan tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai, oleh karena itu diperlukan aktivitas dan prosedur yang dapat digunakan untuk menghindari terjadinya penyimpangan. Seperti halnya pada perusahaan yang diteliti, pengendalian internal dibuat agar memberikan keandalan laporan keuangan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan serta mendorong dipatuhinya undang-undang dan peraturan-peraturan yang ditetapkan manajemen. Berdasarkan masalah tersebut, penulis mencoba untuk melakukan penelitian dengan objek penelitian adalah pengendalian internal pada apotik Guna Dharma Farma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menilai kememadaian pelaksanaan pengendalian internal yang dilakukan perusahaan, dan untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal yang dijalankan dalam menunjang efektivitas pengelolaan pendapatan penjualan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dimana penelitian lapangan dilakukan dengan wawancara serta observasi. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan mempelajari buku-buku referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas di skripsi ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengendalian internal yang diterapkan telah memadai. Hal ini terlihat dari terlaksananya unsur-unsur pengendalian internal, seperti : adanya struktur organisasi yang menggambarkan pemisahan fungsi dan pekerjaan yang tepat, sistem pemberian wewenang & prosedur pencatatan, unsur pelaksanaan yang wajar, unsur kualitas pegawai, dan adanya bagian pengawas intern. Serta pengendalian internal yang diterapkan dalam menunjang efektivitas pengelolaan pendapatan penjualan perusahaan dapat berfungsi dengan baik, hal tersebut didukung oleh beberapa faktor, antara lain : setiap transaksi yang dicatat benar-benar terjadi, semua transaksi yang terjadi dicatat, setiap transaksi dinilai dengan tepat, setiap transaksi diklasifikasikan dengan tepat, setiap transaksi dicatat pada waktu yang tepat, setiap transaksi dimasukan dengan tepat ke dalam catatan tambahan dan diikhtisarkan dengan benar. Kesemua hal tersebut dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan agar dapat mencegah setiap kesalahan dan penyimpangan, sehingga dapat mengurangi risiko sampai dengan tingkat risiko terendah. Pengendalian internal yang dijalankan perusahaan bukanlah bermaksud untuk meniadakan semua penyimpangan dan kesalahan, namun untuk menekankan terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam batas-batas yang layak dan dapat diatasi dengan cepat dan tepat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5350
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 98.51Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.88Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.23Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.75Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.86Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 104.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 43.95Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 114.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.68Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record