PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Lucas Djaja Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Lucas Djaja Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Lucas Djaja Bandung)
Author: Ginanjar, Arzia
Abstract: Perusahaan melakukan berbagai kegiatan di dalam perusahaan, salah satunya merupakan kegiatan penjualan yang berperan sangat besar bagi kelangsungan hidup perusahaan. Beban-beban yang dikeluarkan perusahaan untuk kegiatan penjualan memerlukan pengendalian yang cermat dan tepat, dalam hal ini audit internal mempunyai peranan yang sangat erat dengan pengendalian internal penjualan. Hal ini disebabkan karena audit internal merupakan bagian dari pengendalian internal. Pengendalian internal diperlukan perusahaan untuk menghindari penyelewengan-penyelewengan yang menyebabkan kerugian terhadap perusahaan. Peranan audit internal yang memadai dapat menunjang pengendalian internal penjualan. Uraian di atas dijadikan bahasan bagi penulis untuk mengetahui pengendalian intenal penjualan yang diterapkan oleh perusahaan, pelaksanaan pengendalian internal serta peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Penelitian dilakukan di PT Lucas Djaja, sebuah perusahaan yang bergerak di dalam bidang industra farmasi yang memproduksi baja yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitis, yaitu mengumpulkan data untuk disajikan kembali. Pendekatan studi kasus dilakukan karena peneliti hanya meneliti satu perusahaaan saja, yaitu PT Lucas Djaja, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri farmasi. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis penelitian diterima, hal tersebut dilihat dari skor jawaban kuesioner sebesar 80,59% yang menunjukkan audit internal sangat berperan terhadap pengendalian internal telah efektif. Namun masih ada kelemahan-kelemahan di perusahaan yaitu pasokan bahan baku yang sering terlambat. Hal tersebut berasal dari supplier, namun bila tidak ditindaklanjuti dapat menghambat proses produksi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5345
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.315Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 64.37Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 62.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 68.35Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 64.14Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 60.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 60.54Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 76.57Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 147.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 107.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 155.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 77.28Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 66.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record