ANALISIS AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN UNTUK TERWUJUDNYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. INTI (Persero) di Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN UNTUK TERWUJUDNYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. INTI (Persero) di Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN UNTUK TERWUJUDNYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi kasus pada PT. INTI (Persero) di Bandung)
Author: Barus, Tara Wilma
Abstract: Topik penelitian ini adalah pelaksanaan Good Corporate Governance pada suatu perusahaan. Dalam hal finansial, perusahaan mengkomunikasikan keadaan keuangannya kepada pihak luar perusahaan. Salah satu yang paling utama adalah laporan keuangan, sehingga pelaporan keuangan merupakan salah satu aktivitas perusahaan, yang harus memenuhi prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akuntabilitas laporan keuangan, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Good Corporate Governance, serta untuk mengetahui apakah akuntabilitas laporan keuangan bermanfaat untuk terwujudnya Good Corporate Governance. Berdasarkan pemikiran di atas penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Analisis akuntabilitas laporan keuangan bermanfaat untuk terwujudnya Good Corporate Governance pada PT. INTI (Persero) Bandung”. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti kemudian diambil kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi sebagai data primer, sedangkan data sekunder diperoleh penulis melalui literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti sebagai landasan teori. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mendapatkan simpulan bahwa untuk variabel pertama yaitu tingkat akuntabilitas laporan keuangan PT. INTI (Persero) tahun buku 2003 cukup akuntabel yaitu answerability, consequence, understandability, relevance, reliability, dan comparability. Sedangkan untuk variabel kedua yaitu pelaksanaan Good Corporate Governance pada PT. INTI (Persero) telah berjalan cukup efektif, hal ini didukung dengan dibentuknya Komite GCG yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan GCG serta perangkat lainnya yang mendukung pelaksanaan GCG pada PT. INTI (Persero). Dengan demikian analisis terhadap akuntabilitas laporan keuangan untuk terwujudnya Good Corporate Governance berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas laporan keuangan sangat bermanfaat untuk terwujudnya Good Corporate Governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5344
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.49Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.17Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.23Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.18Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.20Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.38Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 163.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 68.62Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 142.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record