PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS MEKANISME LEASING PERUSAHAAN (LESSOR) (Studi Kasus pada PT BFI Finance Indonesia Tbk. cabang Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS MEKANISME LEASING PERUSAHAAN (LESSOR) (Studi Kasus pada PT BFI Finance Indonesia Tbk. cabang Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS MEKANISME LEASING PERUSAHAAN (LESSOR) (Studi Kasus pada PT BFI Finance Indonesia Tbk. cabang Bandung)
Author: Alfarisi, Deny Angga
Abstract: Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan jasa leasing, transaksi leasing yang terjadi adalah hal yang pokok dan merupakan urat nadi perusahaan yang umumnya meliputi jumlah yang besar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sistem pengendalian intern yang efektif dan memadai di dalam menjaga keuangan perusahaan yang dibantu dengan sistem dan prosedur akuntansi yang baik sehingga efektivitas mekanisme leasing dapat dicapai. Sistem pengendalian intern mempunyai peranan penting dalam mekanisme leasing, dan harus di dukung dengan sistem dan prossedur akuntansi yang baik pula untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Penulis melakukan penelitian di PT BFI FINANCE INDONESIA Tbk. cabang Bandung. Data yang dianalisis merupakan data hasil pendekatan survei penelitian dari penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Adapun hasil dari penelitian tersebut bahwa sistem pengendalian intern transaksi leasing di PT BFI FINANCE INDONESIA Tbk. cabang Bandung dapat dikatakan memadai, karena sebagian besar responden menjawab setuju. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,99 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Sedangkan mekanisme leasing yang dilaksanakan di PT BFI FINANCE INDONESIA Tbk. cabang Bandung dapat dikatakan efektif bahwa sebagian besar responden menjawab setuju. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,99 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Pengaruh sistem pengendalian intern transaksi leasing terhadap efektivitas mekanisme leasing di PT BFI FINANCE INDONESIA Tbk. cabang Bandung Berdasarkan perhitungan Koefisien Korelasi Rank Spearman yaitu 0,97 maka Sedangkan harga kritis rs Koefisien Korelasi Rank Spearman untuk N = 15, α = 0,05 adalah sebesar 0,514. Dengan demikian berdasarkan hasil perhitungan tersebut di atas, dimana rs hitung > rs tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan terdapat pengaruh antara sistem pengendalian intern terhadap mekanisme leasing. Sedangkan untuk mengetahui besarnya hubungan sistem pengendalian intern terhadap efektivitas mekanisme leasing, maka Koefisien determinasi (Kd) adalah 98,22%. Hal ini menunjukkan bahwa “Jika sistem pengendalian intern transaksi leasing diterapkan dan dilaksanakan secara efektif, maka dapat menunjang terhadap efektivitas mekanisme leasing perusahaan” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5338
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 56.63Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 70.16Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 79.09Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 72.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 73.02Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 68.78Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 67.58Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 88.74Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 181.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 155.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 190.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 84.26Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 70.77Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record