MANFAAT ANGGARAN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN ( Studi Survei Pada Beberapa Perusahaan Kerajinan Meubel di Kotamadya Bandung )

Widyatama Repository

MANFAAT ANGGARAN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN ( Studi Survei Pada Beberapa Perusahaan Kerajinan Meubel di Kotamadya Bandung )

Show full item record

Title: MANFAAT ANGGARAN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN ( Studi Survei Pada Beberapa Perusahaan Kerajinan Meubel di Kotamadya Bandung )
Author: Pratomo, Andryanto
Abstract: Dengan berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat dimasa sekarang, banyak terjadi persaingan yang ketat diantara perusahaan sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus mengelola seluruh kegiatan semaksimal mungkin untuk memperoleh hasil yang baik. Penjualan merupakan sumber pendapatan bagi perusahaan karena itu perlu dikelola dengan baik melalui perencanaan dan pengendalian. Anggaran merupakan suatu rencana kerja yang terperinci dalam bentuk tertulis yang dapat digunakan sebagai pedoman dan alat untuk membantu perusahaan dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. Selain itu anggaran dapat digunakan sebagai alat dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan dari seluruh kegiatan perusahaan, maka dari itu anggaran merupakan alat bantu yang penting bagi manajemen dalam mengendalikan kegiatan perusahaan. Objek dalam pembahasan skripsi ini adalah manfaat anggaran penjualan pada beberapa perusahaan yang bergerak dibidang kerajinan meubel yang berlokasi di kotamadya Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan anggaran penjualan yang bermanfaat bagi efektivitas pengendalian penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang digunakan dengan menguraikan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan koefisien korelasi rank spearman dengan n = 5 dan tingkat signifikansi sebesar 0,05 Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jawaban responden dalam pelaksanaan anggaran penjualan yang bermanfaat memberikan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 66,00% jawaban responden tentang efektivitas pengendalian penjualan 80% responden menjawab sangat setuju dan setuju. Hubungan antara anggaran penjualan yang bermanfaat dan efektivitas pengendalian penjualan termasuk kuat, yaitu 0,921. Sedangkan peran atau kontribusi anggaran penjualan yang bermafaat terhadap efektivitas pengendalian penjualan sebesar 84,82%, sedangkan sisanya sebesar 15,18% dipengaruhi factor lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa anggaran penjualan yang memadai mempunyai peranan dalam peningkatan efektivitas penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5336
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.90Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.66Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.09Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.66Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.18Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.72Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 35.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 92.45Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 54.42Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 118.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.07Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.77Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record