PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN KREDIT (Studi Kasus pada PT. Srikandi Diamond Motors cab. Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN KREDIT (Studi Kasus pada PT. Srikandi Diamond Motors cab. Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN KREDIT (Studi Kasus pada PT. Srikandi Diamond Motors cab. Bandung)
Author: Suliman, Yonathan
Abstract: Skripsi ini disusun oleh penulis, dengan judul “Peranan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Kredit” lokasi penelitian dilakukan pada PT. Srikandi Diamond Motors Bandung yang berlokasi di jalan Soekarno Hatta No. 342 Bandung. Penelitian pada PT. Srikandi Diamond Motors Bandung dilakukan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan kredit. Dalam rangka menghadapi persaingan bebas dan kebutuhan manusia diseluruh dunia cenderung berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan adanya kebutuhan yang bermacam-macam dengan keinginan yang berbeda-beda maka setiap perusahaan dituntut untuk dapat bersaing. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan adalah menerapkan sistem informasi akuntansi penjualan dengan memadai agar aktivitas kontiunitas penjualan perusahaan dapat dipertahankan serta dikendalikan sebaik mungkin. Adapun metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode analisis deskriptis dimana dari data yang diperoleh selama penelitian diolah, dianalisis, dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari untuk keperluan pengujian. Alasan penulis memilih perusahaan ini karena penulis ingin mengetahui sampai sejauh mana perusahaan dapat mengkoordinasikan unsur-unsur yang terkait dengan sistem informasi akuntansi penjualan sehingga tujuan penjualan kredit dapat tercapai. Menurut pengamatan penulis, PT. Srikandi Diamond Motors Bandung telah menerapkan dan melaksanakan sistem informasi akuntansi penjualan dengan memadai. Hal ini dapat dilihat dari unsur-unsur sistem informasi akuntansi penjualan yaitu: sasaran dan tujuan, masukan, keluaran, penyimpanan data, pengolah, instruksi dan prosedur, pengguna, pengendalian dan pengukuran keamanan, yang memadai beserta pelaksanaan prosedur-prosedur penjualan kredit dan unsur-unsur proses penjualan kredit yang efektif dengan melihat komponen-konponen unsur-unsur proses penjualan kredit yaitu: menentukan peranan penjualan tatap muka dan manajemen penjualan, merencanakan program penjualan dan menyusun anggaran, mengorganisasikan angkatan penjualan, menarik dan memilih personalia penjualan, melatih, mengkompensasi, dan memotivasi angkatan penjualan, mengevaluasi dan mengendalikan angkatan penjualan lapangan telah berjalan dengan memadai. Dalam penelitian menemukan beberapa kelemahan dalam penerapan sistem informasi akuntansi penjualan maupun efektivitas penjualan kredit. Tetapi kelemahan tersebut tidak terlalu besar pengaruhnya langsung terhadap kelancaran aktivitas penjualan PT. Srikandi Diamond Motors Bandung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem informasi akuntansi penjualan yang memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas penjualan kredit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5332
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.79Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.94Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.89Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.04Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.72Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.79Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.43Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 94.42Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 52.93Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.05Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.53Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record