PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN KAS (Studi kasus pada CV. Sumber Barokah)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN KAS (Studi kasus pada CV. Sumber Barokah)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN KAS (Studi kasus pada CV. Sumber Barokah)
Author: Affandi, Yardi Hasan
Abstract: Salah satu informasi yang penting dalam kegiatan perusahaan adalah informasi mengenai kas. Kas merupakan suatu aktiva yang penting karena terlibat dalam hampir setiap transaksi yang dilaksanakan oleh perusahaan. Kas merupakan aktiva yang paling likuid bila dbandingkan dengan aktiva lain. Setiap manajemen perusahaan akan berusaha sedemikian rupa agar kas yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi kemajuan perusahaan. Supaya manajemen dapat mengendalikan kas seefektif dan seefisien mungkin, manajemen memerlukan suatu informasi atas kas yang dapat diandalkan. Informasi tersebut dapat membantu manajemen dalam menilai efektivitas pengendalian kas. Informasi tentang kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pengendalian kas tersebut harus diolah terlebih dahulu mulai dari pengumpulan dan pemrosesan data transaksi sampai dengan penyediaan informasi. Agar dapat dihasilkan suatu informasi yang berguna, tepat waktu, relevan dan dapat dipercaya, maka diperlukan suatu alat yaitu sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi ini harus ditunjang pula dengan adanya sistem pengendalian intern, karena tanpa disertai sistem pengendalian intern akan mengakibatkan informasi yang diperolehnya tidak benar dan dapat menyebabkan banyak terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan atas kas perusahaan. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian di CV. Sumber Barokah yang dititikberatkan pada mekanisme pelaksanaan sistem informasi akuntansi kas serta peranannya dalam upaya meningkatkan efektivitas dan mencegah penyalahgunaan kas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, sedangkan pengumpulan datanya diperoleh dengan cara penelitian lapangan seperti wawancara dan observasi serta penelitian kepustakaan melalui literatur dan catatan kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari upaya meningkatkan efektivitas kas dan mencegah penyalahgunaannya yang diterapkan pada CV. Sumber Barokah. Upaya pengendalian intern kas yang dilaksanakan perusahaan sudah cukup memadai yaitu dengan adanya stuktur organisasi yang menggambarkan pemisahan fungsi, wewenang, dan tanggung jawab, sistem dan prosedur pencatatan yang cukup memadai serta dilaksanakannya praktek-praktek yang sehat di dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya ini. Organisasi yang telibat dalam aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas, adanya pegawai yang cakap dalam melaksanakan tugasnya, adanya laporan dari setiap bagian, dan standar pengendalian intern. Dengan demikian pelaksanaan sistem informasi akuntansi yang memadai, akan menunjang efektivitas pengendalian intern kas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5331
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 48.78Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 43.87Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 54.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.59Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 43.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 81.95Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 158.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 142.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 52.68Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 52.54Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record