EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PRODUKSI (Studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Bandung)

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PRODUKSI (Studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Bandung)

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PRODUKSI (Studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Bandung)
Author: Hardhi, Jen Wisnu
Abstract: Penyusunan anggaran semakin menarik untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya persaingan perusahaan di bidang industri terutama di kota-kota besar. Pada perusahaan yang bergerak di bidang Industri, proses produksi merupakan kegiatan paling penting demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Untuk itu biasa digunakan anggaran yang dapat berfungsi sebagai alat perencanaan dan pengendalian. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian mengenai penerapan anggaran pada sebuah perusahaan industri makanan dan minuman yaitu PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company yang terletak di Jl. Raya Cimareme No. 131 Padalarang Kabupaten Bandung, dengan membahas bagaimana penyusunan anggaran biaya produksi dilakukan dan bagaimana pengendalian biaya produksi untuk mengefektifkan biaya produksi. Setelah diketahui bagaimana penerapan hal tersebut, maka dapat diteliti bagaimana penerapan anggaran biaya produksi sebagai alat pengendalian dalam mengefektifkan suatu produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penyusunan dan penerapan anggaran biaya produksi sebagai alat bantu pengendalian Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif analisis yang bersifat menemukan fakta disertai analisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari. Pendekatan yang dilakukandalam penelitian ini yaitu dengan studi kasus, penelitian lapangan, wawancara, dan penelitian kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa penerapan anggaran biaya produksi dalam mengefektifkan biaya produksi pada PT Ultrajaya sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari analisis selisih yang dilakukan. Disini dapat dilihat bahwa penyimpangan yang terjadi masih dalam batas toleransi yang ditetapkan perusahaan yaitu sebesar 7% dari anggaran yang ditetapkan. Tidak ada penyimpangan yang melebihi batas toleransi, hal ini menunjukan bahwa anggaran biaya produksi yang memadai berfungsi sebagai alat pengendalian dalam efektivitas biaya produksi. Meskipun demikian masih terdapat kelemahan, antara lain; anggaran biaya overhead pabrik tidak disusun berdasarkan departemen yang ada pada bagian produksi dan tidak ada pemisahan antara biaya tetap dan biaya variabel, serta anggaran biaya produksi hanya disusun berdasarkan produk tidak disusun berdasarkan rasa.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5327
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.21Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.18Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.17Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.19Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.66Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.07Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.73Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.88Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.61Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 171.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.11Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.90Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record