HUBUNGAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT X di Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT X di Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT X di Bandung)
Author: Harry
Abstract: Penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting dalam perusahaan karena dari penjualan perusahaan akan memperoleh pendapatan yang digunakan untuk menutupi biaya-biaya operasi perusahaan dan juga diharapkan dapat menghasilkan suatu pengembalian investasi yang cukup bagi pemberi modal, inilah yang mendasari alasan mengapa kegiatan penjualan ini perlu dikendalikan. Dari penjualan pula sebagian besar pendapatan diperoleh, pendapatan ini nantinya akan menentukan besarnya laba yang merupakan tujuan akhir setiap perusahaan. Oleh karena itu penjualan harus dilaksanakan dengan seefektif dan seefisien mungkin agar laba dapat mencapai titik optimal, serta perlu adanya suatu pengendalian internal atas penjualan untuk menganalisis semua aktivitas penjualan sehingga jika terdapat penyimpangan dapat segera dilakukan tindakan koreksi. Di dalam suatu perusahaan diperlukan suatu bagian independen yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional dan tidak berada dibawah departemen manapun dalam perusahaan untuk melaksanakan audit internal. Audit internal ini akan memberikan informasi mengenai keakuratan penjualan yang akan dijadikan dasar pengambilan keputusan, dengan dasar ini penulis mengambil judul skripsi: “Hubungan Audit Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan” Dalam skripsi ini penulis memilih PY. X di Bandung sebagai objek penelitian. PT. X adalah sebuah perusahaan industri yang bergerak dalam usaha manufaktur garmen (industri pakaian jadi). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara audit internal yang memadai dalam meningkatkan efektivitas pengendalian internal penjualan. Penulis menyusun hipotesis bahwa “Terdapat hubungan yang positif antara audit internal yang dilaksanakan secara memadai dengan efektivitas pengendalian internal penjualan.” Setelah melakukan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner di PT. X, penulis memperoleh data dan informasi mengenai gambaran umum perusahaan, aktivitas penjualan, serta audit internal yang dilaksanakan perusahaan. Data-data tersebut kemudian digunakan untuk menguji hipotesis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis koefisien korelasi dengan metode Product Moment diperoleh nilai r xy = 0.8432. Artinya hubungan antara audit internal yang memadai dengan efektivitas pengendalian internal penjualan searah, positif dan signifikan. Hal ini diperkuat oleh pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik t, hasil dari pengujian ini adalah t hitung > t tabel yaitu (4.4362 > 2.306), maka Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan positif antara audit internal yang memadai dengan efektivitas pengendalian internal penjualan. Selanjutnya penulis dapat menarik simpulan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut “sangat kuat” dan semakin baik audit internal yang dijalankan perusahaan, maka akan semakin baik pula pengendalian internal penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5326
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.34Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.29Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.24Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.95Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.11Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.95Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 130.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 77.53Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 145.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.67Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record