EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA PT “X”

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA PT “X”

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA PT “X”
Author: Evangelista, Emanuel
Abstract: Dalam usaha mencapai tujuan perusahaan memperoleh laba, aktivitas penjualan menjadi sangat penting karena merupakan sumber utama pendapatan. Seringkali masalah timbul akibat pengelolaan penjualan kredit yang kurang baik, hal ini kemungkinan disebabkan karena sistem informasi akuntansi penjualan kredit yang kurang memadai. Masalah yang sering terjadi adalah timbulnya kerugian yang terjadi akibat adanya piutang yang tak tertagih, tidak terekamnya data transaksi, kesalahan dalam menentukan harga pokok penjualan dan harga jual, ketidakefisienan waktu dan biaya proses serta sistem manajemen yang kurang baik. Penjualan yang dikatakan berhasil adalah penjualan yang dikelola secara efektif dalam mencapai sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Agar suatu penjualan dapat dikelola secara efektif dan dapat memberi nilai tambah bagi perusahaan, maka perlu adanya sistem yang membantu terciptanya kondisi yang diharapkan, salah satunya adalah perlunya Sistem Informasi Akuntansi Penjualan kredit yang baik. Sehubungan dengan permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT “X” sebagai objek yang diteliti. Penelitian yang dilakukan penulis adalah mengenai penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit pada PT “X” Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mempelajari dan mengevaluasi penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada PT”X” dalam menunjang efektifitas penjualan dan dalam memberi nilai tambah pada perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Data primer diperoleh dari penelitian lapangan dan melakukan observasi, wawancara dan kuesioner mengenai objek yang diteliti. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit dalam menunjang efektifitas penjualan dan dapat memberi nilai tambah bagi perusahaan. Penulis mengemukakan hipotesis sebagai berikut “Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit pada Pt “X” sudah efektif. Selain dengan menyebarkan kuesioner, pengukuran efektifitas penjualan dapat diukur dari data anggaran dan realisasi dan hasil yang dicapai untuk realisasi penjualan bulan September 2006 adalah 118,09 %, bulan Oktober 2006 adalah 118,83 %, dan bulan November 2006 adalah 115,94 %. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa PT “X” telah menerapkan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan yang memadai sehingga dapat menunjang efektifitas penjualan dan memberi nilai tambah bagi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5325
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.54Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 72.09Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 216.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 355.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.77Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.20Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record