MANFAAT PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Survei pada 4 Hotel berbintang empat di Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Survei pada 4 Hotel berbintang empat di Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Survei pada 4 Hotel berbintang empat di Bandung)
Author: Andhika, Bayu
Abstract: Sektor pariwisata telah menjadi sektor yang mampu meningkatan kegiatan ekonomi. Salah satu sektor pendukung pariwisata adalah tersedianya sarana perhotelan yang memadai. Hotel merupakan salah satu jenis bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum. Kegiatan utama dalam perhotelan adalah penjualan jasa sewa kamar sedangkan penjualan makanan dan minuman serta penjualan jasa lainnya seperti jasa laundry, jasa dry cleaning, café, bar dan lainnya hanya sebagai pelengkap dari kegiatan utama. Adanya pengelolaan yang kurang baik secara langsung akan mempengaruhi penerimaan kas perusahaan oleh karena itu diperlukan pengolahan data secara elektronik penjualan jasa sewa kamar yang baik untuk meminimalisasi resiko tersebut di atas. Penjualan jasa sewa kamar yang dilakukan oleh front office merupakan aktivitas utama perusahaan. Oleh karena itu aktivitas penjualan ini merupakan faktor yang sangat penting untuk diawasi melalui kegiatan pengendalian penjualan. Penulis melakukan penelitian terhadap organisasi penjualan jasa sewa kamar pada hotel-hotel berbintang empat yang berlokasi di Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana manfaat pengolahan data elektronik penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar. Metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi survey. Pengambilan data dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, melalui observasi langsung pada perusahaan, wawancara, kuesioner dan juga dengan mempelajari dan menelaah buku-buku yang berhubungan dengan pengolahan data elektronik penjualan dengan pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis, yang didasarkan pada kuesioner yang telah diisi oleh responden yang berkepentingan dengan benar bahwa manfaat pengolahan data elektronik penjualan telah memadai dengan hasil perhitungan sebesar 93.12% dan pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar telah dilaksanakan secara efektif dengan hasil perhitungan sebesar 94.64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat pengolahan data elektronik penjualan sewa kamar pada hotel-hotel berbintang empat di Bandung dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar dapat diterima. Kesimpulan yang dapat diambil penulis berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan perhitungan terhadap jawaban kuesioner, bahwa pengolahan data elektronik penjualan jasa sewa kamar yang memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5324
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 5.339Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.31Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.35Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.23Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.84Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.70Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.57Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.30Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.84Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 150.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 59.05Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 263.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.92Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.88Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record