PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN ( Studi kasus pada PT. KIA Mobil Indonesia)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN ( Studi kasus pada PT. KIA Mobil Indonesia)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN ( Studi kasus pada PT. KIA Mobil Indonesia)
Author: Irvan, Rio
Abstract: Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang pesat mendorong berkembangnya perusahaan menjadi besar. Dengan semakin berkembangnya suatu perusahaan, maka semakin luas dan kompleks aktivitas dan permasalahan yang akan dihadapi. Diantara segala aktivitas perusahaan yang ada, aktivitas penggajian merupakan aktivitas yang penting dalam perusahaan. Hal ini disebabkan karena aktivitas penggajian yang berkaitan dengan sumber daya manusia yang terdapat dalam perusahaan, dimana sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam kegiatan operasional perusahaan guna pencapaian tujuan perusahaan.. Untuk itu diperlukan sistem informasi akuntansi penggajian yang memadai, yang dapat menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian. Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik melakukan penelitian di PT. KIA Mobil Indonesia yang berlokasi di Jl.Wastukencana no 11A Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian pada perusahaan tersebut. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah sistem informasi akuntansi penggajian yang dijalankan secara memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian pengendalian internal atas penggajian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam pengujian hipotesis dan menjawab masalah-masalah mengenai pengendalian internal atas penggajian, maka penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penggajian yang diterapkan pada PT. KIA Mobil Indonesia yang meliputi: adanya unsur-unsur sistem penggajian dan adanya tujuan sistem informasi penggajian telah dilaksanakan dengan sangat memadai. Pengendalian internal atas panggajian pada PT. KIA Mobil Indonesia juga sangat efektif, dibuktikan dengan adanya unsur-unsur pengendalian internal penggajian dan adanya tujuan pengendalian internal atas penggajian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada PT. KIA Mobil Indonesia, penulis membuat kesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi penggajian yang dilaksanakan secara memadai berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5322
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.581Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.29Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.67Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.60Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.88Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.10Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.35Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 90.39Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 62.50Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 170.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.72Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record