PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Bandung)
Author: Wirabakti, Mochammad Noer
Abstract: Aktivitas penjualan merupakan fungsi yang penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, dimana dengan adanya aktivitas penjualan, maka akan terbentuk suatu pendapatan dan disini pula akan dapat ditemuinya kecurangankecurangan, pemborosan, ketidak-efektivan dan ketidak-efesienan yang dalam hal ini merugikan perusahaan, sehingga diperlukannya suatu pengendalian yang dapat memeriksa dan mengevaluasinya. Pengendalian penjualan memerlukan laporan yang menganalisis aktivitas penjualan yang mengungkapkan perkembangan yang tidak diinginkan untuk memungkinkan adanya tindakan koreksi. Untuk hal itu, maka diperlukan suatu bagian yang melaksanakan internal auditing di dalam perusahaan. Tujuan penelitian yang dituangkan dalam skipsi ini, yaitu untuk mempelajari dan mengevaluasi pengendalian internal yang dijalankan perusahaan, internal auditing dalam perusahaan, serta mempelajari dan menilai bagaimana peranan internal auditing dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang bertujuan menggambarkan dan membahas keadaan perusahaan didasarkan fakta yang disertai suatu analisis sehingga memberikan gambaran yang jelas. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan lakukan melalui riset lapangan serta riset kepustakaan. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dan untuk mencapai suatu kesimpulan penulis melakukan pembuktian hipotesis dengan membandingkan data yang diperoleh dari teori-teori yang ada dengan hasil pelaksanaan yang sesungguhnya. Penelitian dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bandung, Jl. Kol. Masturi 3 Cimahi. Hasil penelitian menunjukan bahwa internal auditing yang berperan untuk mengawasi, mendorong, mengarahkan serta memeriksa pengendalian internal penjualan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan, meliputi orang yang melaksanakan, program audit, pelaksanaan program, laporan yang dihasilkan, tindak lanjut serta efektivitas pengendalian internalnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu “Internal Auditing yang dilaksanakan secara efektif akan berperan dalam meningkatkan efektivitas Pengendalian Internal Pada Penjualan Air Minum” dapat diterima. Dengan beberapa saran seperti karyawan diberikan pemahaman tentang Standar profesional internal auditing, pengelolaan produksi dan distribusi air minum harus lebih optimal seperti memperbaharui pipa-pipa jaringan, Diperlukannya suatu kebijakan mengenai penentuan tingkat deviasi terhadap anggaran penjualan sehingga dapat membantu manajemen dalam hal penilaian keberhasilan realisasi penjualan air minum.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5320
Date: 2005


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 30.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.65Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.17Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.41Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.46Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.76Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 130.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 93.14Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 206.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.04Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 12.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record